Tahun Ajaran Ini, Quipper Gelar "Try Out" hingga 160.000 Peserta

Kompas.com - 12/03/2020, 10:00 WIB
Diskusi tentang pendidikan yang digelar oleh Quipper, Selasa (10/3/2020) di Jakarta Selatan. Dok. QuipperDiskusi tentang pendidikan yang digelar oleh Quipper, Selasa (10/3/2020) di Jakarta Selatan.

KOMPAS.com – Salah satu persiapan yang bisa dilakukan oleh siswa menghadapi ujian nasional adalah melakukan try out ( TO).

Try out merupakan bentuk tes yang diujicobakan kepada siswa. Penyusunan soalnya dilakukan oleh dinas pendidikan atau lembaga pendidikan yang berkompeten sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kisi-kisi ujian nasional.

Meski demikian, tidak dapat dipastikan bahwa soal ujian TO sama dengan soal ujian nasional yang nantinya dihadapi siswa.

Berbagai manfaat bisa diperoleh dengan mengikuti TO, antara lain siswa mampu mengasah keterampilan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan.

TO pun bisa menjadi evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pelajaran yang ditunjukkan melalui ujian tersebut.

Sebagai salah satu perusahaan pendidikan, Quipper berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menyelenggarakan online try out nasional.

Hal ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan, serta Universitas Andalas di Sumatera Barat.

Dalam suatu diskusi tentang pendidikan, Quipper menyatakan telah mengadakan beberapa kali try out pada tahun ajaran 2019/2020 yang melibatkan hampir 160.000 peserta siswa SMP dan SMA se-Indonesia.

Try out nasional yang sukses digelar oleh Quipper di 396 kabupaten dan kota di Indonesia ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, seperti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Kota Denpasar, dan juga dari Universitas Andalas di Padang,” ujar Strategy Planner Quipper Indonesia Fajrie Nuary melalui keterangan tertulis, Selasa (10/3/2020).

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan online TO nasional pada tahun ajaran ini.

Baca juga: Quipper Buka Pendaftaran Beasiswa, Target Peserta Hingga 20.000 Siswa

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X