Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2020, 10:00 WIB
Erwin Hutapea,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu persiapan yang bisa dilakukan oleh siswa menghadapi ujian nasional adalah melakukan try out (TO).

Try out merupakan bentuk tes yang diujicobakan kepada siswa. Penyusunan soalnya dilakukan oleh dinas pendidikan atau lembaga pendidikan yang berkompeten sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kisi-kisi ujian nasional.

Meski demikian, tidak dapat dipastikan bahwa soal ujian TO sama dengan soal ujian nasional yang nantinya dihadapi siswa.

Berbagai manfaat bisa diperoleh dengan mengikuti TO, antara lain siswa mampu mengasah keterampilan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan.

TO pun bisa menjadi evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pelajaran yang ditunjukkan melalui ujian tersebut.

Sebagai salah satu perusahaan pendidikan, Quipper berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menyelenggarakan online try out nasional.

Hal ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan, serta Universitas Andalas di Sumatera Barat.

Dalam suatu diskusi tentang pendidikan, Quipper menyatakan telah mengadakan beberapa kali try out pada tahun ajaran 2019/2020 yang melibatkan hampir 160.000 peserta siswa SMP dan SMA se-Indonesia.

Try out nasional yang sukses digelar oleh Quipper di 396 kabupaten dan kota di Indonesia ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, seperti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Kota Denpasar, dan juga dari Universitas Andalas di Padang,” ujar Strategy Planner Quipper Indonesia Fajrie Nuary melalui keterangan tertulis, Selasa (10/3/2020).

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan online TO nasional pada tahun ajaran ini.

Baca juga: Quipper Buka Pendaftaran Beasiswa, Target Peserta Hingga 20.000 Siswa

Dikatakan pula, selain yang digelar oleh pihak sekolah, Quipper juga mengadakan online TO yang dibuka untuk umum bagi pengguna dan non-pengguna Quipper.

Sebagai hasilnya, Quipper mendapatkan 15 peserta dengan nilai tertinggi dari lima kategori yang berhak memperoleh hadiah uang total Rp 10 juta.

Hadiah tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha para peserta yang sudah menyelesaikan TO dengan hasil terbaik.

Sementara itu, Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari mengatakan, TO pada tahun ini memperoleh respons bagus dari para siswa peserta di seluruh Indonesia.

Try out yang telah kami lakukan di tahun ini mendapatkan antusias yang sangat baik dari para siswa di seluruh Indonesia karena tidak hanya dapat diakses oleh pengguna Quipper, tetapi juga oleh umum,” ucap Ayu.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan yang juga menjadi koordinator TO di Sumatera Selatan, Anang Purnomo, menuturkan bahwa pihaknya merasa puas dengan hasil TO yang dilakukan melalui kerja sama dengan Quipper pada November 2019.

Ia mengaku bangga bisa berpartisipasi menjadi penyelenggara online TO yang melibatkan 42.149 siswa dari 286 SMA yang tersebar di 17 kota dan kabupaten di Sumatera Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com