Rektor IPB dan Wakil Menteri Belanda Tanam Pohon Bersama di Kota Bogor

Kompas.com - 12/03/2020, 16:43 WIB
Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria bersama dengan Wakil Menteri Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Belanda Jan-Kees Goet, menanam pohon bersama di kawasan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor, Rabu (11/3/2020). Dok. Nuffic NesoRektor IPB Prof. Dr. Arif Satria bersama dengan Wakil Menteri Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Belanda Jan-Kees Goet, menanam pohon bersama di kawasan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor, Rabu (11/3/2020).

KOMPAS.com - Rektor IPB Prof. Arif Satria bersama dengan Wakil Menteri Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Belanda Jan-Kees Goet, menanam pohon bersama di kawasan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor, Rabu (11/3/2020).

Aksi tanam pohon tersebut diinisiasi oleh jaringan alumni Belanda Holland Alumni Network Indonesia bersama dengan komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) sebagai misi keseimbangan lingkungan, iklim, ekonomi, dan kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, jaringan alumni Belanda menyumbangkan 30 pohon sebagai bagian dari program 1NLAlumni1Tree.

Program 1NLAlumni1Tree sendiri merupakan program 1 alumni 1 pohon yang baru dicanangkan tahun ini. Sehingga aksi menanam pohon yang terinspirasi aktivitas komunitas GTP ini menjadi yang perdana.

Baca juga: 25 Jurusan IPB Paling Diminati di SBMPTN dan Daya Tampungnya

Ke depan, 1NLAlumni1Tree diharapkan dapat memberikan 16.000 pohon lebih yang dapat ditanam, mengingat jumlah alumni Belanda di Indonesia terus berkembang. Minimal bertambah 500 orang setiap tahunnya.

"Semoga inisiatif gerakan 1NLAlumni1Tree dari alumni Belanda di Indonesia ini dapat diikuti juga oleh jaringan alumni Belanda di seluruh dunia," papar Ketua GTP Irawati dalam rilis media Nuffic Neso, Rabu (11/3/2020).

Sedangkan komunitas GTP yang diinisiasi oleh alumni IPB sendiri telah rutin mengadakan penanaman pohon bersama masyarakat kota Bogor.

Baca juga: IPB University Siapkan 17 Prodi Ikuti Akreditasi Internasional ASIIN-ASIC

Wakil Menteri Goet memberikan apresiasi yang positif terhadap kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas GTP dan didukung oleh alumni Belanda di Indonesia.

Hal ini dinilainya dapat menjadi aset penting dalam meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda.

Setelah melakukan penanaman pohon, Wakil Menteri Goet tampil sebagai pembicara tamu dalam talkshow  "College Tour" yang terinspirasi dari acara TV di Belanda.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X