Belajar dari Rumah, Quipper Beri Akses Gratis Lebih dari 10.000 Video dan 70.000 Soal

Kompas.com - 18/03/2020, 20:48 WIB
Guru dan siswa dengan pembelajaran quipper. DOK.Quipper IndonesiaGuru dan siswa dengan pembelajaran quipper.

KOMPAS.comQuipper memberikan akses gratis lebih dari 10.000 video dan 75.000 soal melalui platform Learning Management System (LMS) yang dimiliki, yaitu Quipper School.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu memaksimalkan kegiatan belajar mengajar yang sementara waktu ini harus dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh seperti dari rumah.

Content Associate Manager Quipper Indonesia Hanani Faiza mengatakan, LMS dan konten gratis di Quipper School merupakan salah satu bentuk dukungan Quipper kepada pemerintah dan wujud kepedulian kepada semua guru agar bisa tetap melakukan aktivitas belajar mengajar yang efektif melalui jarak jauh.

"Melalui inisiatif #BisaTetapBelajar ini, kami menyediakan sistem dan materi pembelajaran online secara gratis untuk guru dan siswa yang terkena dampak dari penutupan sekolah dikarenakan penyebaran Covid-19 di Indonesia," ucap Hanani dalam keterangan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Dia menuturkan, melalui Quipper School, guru dan siswa dapat mengakses lebih dari 10.000 video dan 75.000 soal yang mencakup materi kelas IX sampai XII.

Materi dalam sistem tersebut tidak hanya bisa diakses secara gratis, tetapi guru dapat memberikan tugas, ujian, atau try out kepada siswa secara daring.

Guru juga dapat langsung memonitor hasil kerja siswa secara langsung melalui fitur yang terdapat pada platform Quipper School.

Selain itu, guru pun dapat mengakses langsung video pelatihan sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan masing-masing untuk mengajar.

Baca juga: Di Sektor Pendidikan, Quipper Bantu Pemerintah Melalui Pembelajaran Gratis Ini

Berbagai konten yang disediakan dalam video pelatihan guru antara lain menciptakan proses belajar mengajar yang dapat membangun kecakapan berpikir kritis dan penggunaan bahasa yang efektif.

“Sejak tahun 2015, sudah banyak pelatihan gratis yang telah kita lakukan kepada guru-guru di seluruh Indonesia, untuk pemanfaatan learning management system bagi lebih dari 15.000 guru di lebih dari 1.000 sekolah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia,” imbuh Hanani.

Merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 menimbulkan dampak di berbagai bidang kehidupan, termasuk di dunia pendidikan.

Di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung pelaksanaan belajar mengajar secara daring (online) supaya lebih maksimal.

Upaya ini terkait dengan langkah sejumlah pemerintah daerah (pemda) yang menghentikan sementara aktivitas belajar di sekolah.

Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan semua warga sekolah, termasuk memastikan bahwa para siswa bisa terus belajar sesuai target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X