Keren! 33 Rektor PTN Nyanyi Bareng "Rumah Kita" Via Daring, Ini Linknya

Kompas.com - 14/04/2020, 12:34 WIB
Tangkapan layar video Rumah Kita oleh 33 rektor PTN di Indonesia. DOK.MRPTNITangkapan layar video Rumah Kita oleh 33 rektor PTN di Indonesia.
|

KOMPAS.com - Tak hanya para musisi saja, namun rektor-rektor dari Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) di Indonesia ini juga mampu melantunkan lagu dengan suara merdu.

Lagu yang paling terkenal untuk dinyanyikan bersama tersebut berjudul " Rumah Kita". Tentu lagu legendaris Rumah Kita dipopulerkan oleh God Bless.

Kepada Kompas.com, Selasa (14/4/2020), Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Prof Jamal Wiwoho menjelaskan tujuan dari nyanyi bareng tersebut.

Baca juga: Rektor UNS: Kuliah Daring Mahasiswa Diperpanjang karena Corona

Isi kegiatan WFH

Yakni untuk mengisi kegiatan work from home (WFH) di tengah pandemi Covid-19. Para rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia mengisi kegiatan dengan bernyanyi bersama jarak jauh disela-sela sebagai pimpinan tertinggi PTN.

"Kegiatan nyanyi bersama itu dilakukan di masing-masing universitas atau rumah para rektor. Diharapkan dapat memberi contoh melakukan pekerjaan selama ada pandemi Covid-19," terangnya.

Dikatakan demikian karena hampir semua kampus meliburkan kuliah tatap muka dan mengganti dengan kuliah daring atau online yang dilakukan secara sinkronus dan asinkronus.

Awal muncul ide

Menurut Jamal Wiwoho yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), ide untuk nyanyi bersama itu muncul pada rapat pengurus MRPTNI, Senin (13/4/2020) via zoom.

"Ditengah rapat koordinasi para rektor PTN itu kemudian muncul ide secara bersama-sama menunjukkan kepedulian untuk mengkampanyekan social distancing dan physical distancing melawan pandemi corona," katanya.

Kepedulian kampus PTN juga nampak dengan banyaknya kegiatan kampus yang digeser dan diganti sesuai dengan dinamika masyarakat.

Atau sesuai dengan gagasan kampus merdeka dan merdeka belajar dari mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X