Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Pelatihan Kartu Prakerja, Ada Banyak Kiat Buka Bisnis Rumahan

Kompas.com - 20/04/2020, 12:50 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Wabah Covid-19 telah mengubah kehidupan banyak orang. Aktivitas sekolah dan bekerja kini berlangsung dari rumah. Tak sedikit pula, para pekerja yang "dirumahkan" sehingga terdampak ekonomi akibat pandemi.

Pekerjaan bisa saja hilang, namun kesempatan dan harapan untuk tetap bertahan akan terus ada. Seperti kesempatan untuk meningkatkan keahlian sebagai bekal mencari pekerjaan baru atau untuk membuka usaha sendiri lewat program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk para "fresh graduate" hingga tenaga kerja, terutama yang terdampak Covid-19, untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline. Sekaligus mendapatkan insentif.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II resmi dibuka hari ini, Senin (20/4/2020), dan menawarkan sejumlah manfaat. Hingga akhir tahun nanti, pemerintah telah merencanakan akan membuka 30 gelombang pendaftaran.

Baca juga: 7 Manfaat Pelatihan Kartu Prakerja, Sertifikat hingga Insentif Bulanan

Bila pada gelombang sebelumnya peserta gagal seleksi karena kuota habis, maka dapat kembali mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya.

Bila lolos, peserta akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 yang terbagi atas:

  • Biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta.
  • Insentif setelah melakukan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan yang akan ditransfer ke peserta selama 4 bulan.
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu.

Ragam pelatihan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja bekerja sama dengan sejumlah platform dalam menyediakan pelatihan, yakni Pintaria by Haruka Edu, Sekolahmu, Kemnaker, Tokopedia, Mau Belajar Apa, Pijar, Skill Academy by Ruang Guru, serta Bukalapak.

Baca juga: Beasiswa Pertamina Foundation bagi Mahasiswa S1/D3 Terdampak Covid-19

Ada ribuan jenis pelatihan yang bisa dipilih oleh para pemilik Kartu Prakerja sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai.

Untuk para "fresh graduate" atau lulusan yang ingin menjadi CPNS, Pintaria menyediakan pelatihan "Latihan Soal CPNS Plus Kunci Jawaban" yang terbagi atas 3 paket.

Bagi yang ingin membuka bisnis rumahan, tersedia banyak pelatihan menarik. Masih di platform yang sama, ada pelatihan Cara Mudah Mengawali Bisnis Roti dan Kue di Rumah, Memulai Bisnis Pempek yang Istimewa di Rumah, Memulai Usaha Makanan Secara Online, Sukses Jualan Lewat Social Media, dan banyak lainnya.

Di platform Sekolahmu misalnya, ada pelatihan Jadi Pengusaha Salon Rumahan oleh Rudy Hadisuwarno School of Hairdressing & Make Up, Panen Orderan dengan Internet, Resep Simple ala Restoran Bersama Chef DeaVialdo, Kiat Sukses Berjualan Online, dan masih ada pilihan lainnya.

Baca juga: Beasiswa S1/S2/S3 ke Selandia Baru, Potongan Biaya Kuliah hingga Rp 93 Juta

Tak jauh berbeda dengan platform lainnya, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) juga menyuguhkan beragam pelatihan. Untuk yang ingin berbisnis online ada Strategi Pemasaran Kuliner Online, pelatihan Barista, Kursus Menjahit Bersama Poppy Karim Dan Sapta De Lucas, dan pilihan lainnya.

Perlu dipahami, setiap pelatihan ada biayanya dan tiap peserta Kartu Prakerja telah disubsidi biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta.

Untuk melihat beragam pelatihan, dapat langsung mengakses platform yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja. 

 Jenis pelatihan yang tersedia dalam program Kartu Prakerja sebanyak 2.055 pelatihan dari 198 lembaga melalui 8 platform mitra Kartu Prakerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com