Kuliah D3 Gratis di Akademi Metrologi dan Instrumentasi Milik Kemendag

Kompas.com - 06/05/2020, 12:42 WIB
Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Tinggi di bawah Kementerian Perdagangan yang saat ini membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi. Dok. AkmetAkademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Tinggi di bawah Kementerian Perdagangan yang saat ini membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi.

KOMPAS.com - Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) merupakan Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Perdagangan yang saat ini membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi.

Beasiswa ini bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional dan mampu mengikuti perkembangan mutakhir di bidang metrologi, instrumentasi, dan perdagangan.

Program ini mendidik para mahasiswa untuk mampu menerapkan pengetahuan, memecahkan persoalan, memanfaatkan teknologi, serta mampu mengikuti perkembangan metrologi legal dan teknologi lain yang menunjang tugas-tugas kemetrologian.

Guna menunjang seluruh tujuan tersebut, Akmet memberikan beasiswa pendidikan yang merupakan program beasiswa pemerintah.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

Pendaftaran berlangsung pada 21 Februari 2020 sampai 14 Juni 2020.

Cakupan

  1. Mencakup seluruh biaya pendidikan, sehingga dalam pendaftaran, proses seleksi, hingga proses pendidikan setelah menjadi mahasiswa program Diploma III sampai dengan kelulusan, tidak akan dikenai biaya apapun.
  2. Lulusan Akmet dapat berkarier sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau Dinas Pemerintahan Kabupaten/Kota yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia.
  3. Lulusan juga memiliki kesempatan bekerja di industri yang berkaitan dengan bidang keteknikan (engineer).

Baca juga: Beasiswa S1 di Sekolah Tinggi Hukum, dari Biaya Kuliah hingga Hidup

Syarat peserta

1. Calon mahasiswa berasal dari umum berijazah SMA/MA dengan jurusan IPA atau SMK dengan keahlian terkait bidang Ilmu Fisika (seperti Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Instrumentasi, dan lainnya yang terkait).

2. Berusia tidak lebih dari 21 tahun per tanggal 31 Desember 2020.

3. Persyaratan nilai rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris minimal 70 dengan skala 100 dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII.

4. Surat Keterangan Konversi nilai skala 0-100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (khusus bagi peserta yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 0-10).

5. Sehat jasmani dan tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari dokter Rumah Sakit Pemerintah (untuk peserta yang telah lulus Tes Kemampuan Akademik).

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X