Guru Besar IPB: Ini 7 Tips Keluarga Harmonis di Tengah Pandemi

Kompas.com - 07/05/2020, 21:43 WIB
Ilustrasi beraktivitas bersama keluarga. ShutterstockIlustrasi beraktivitas bersama keluarga.
|

KOMPAS.com - Sejak pertengahan Maret 2020, masyarakat diimbau untuk tetap tinggal di rumah karena adanya pandemi virus corona. Segala aktivitas dilakukan dari rumah. Seperti bekerja, belajar, dan beribadah.

Hanya saja, karena masyarakat terlalu lama berdiam diri di rumah tentu bisa menimbulkan rasa ketidakharmonisan bagi keluarga.

Jika kondisi tersebut dibiarkan, tidak dapat dipungkiri konflik rumah tangga bisa terjadi. Lantas bagaimana menjaga agar keluarga tetap harmonis di saat pandemi virus corona?

Baca juga: Guru Besar IPB Bagikan 8 Tips Cegah Potensi Krisis Keluarga

Guru Besar Bidang Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga IPB University, Prof. Dr. Euis Sunarti membagikan beberapa tips agar keharmonisan keluarga tetap terjaga saat pandemi.

"Kita perlu menguatkan dan melembagakan nilai dan tujuan berkeluarga serta pentingnya membangun dan memelihara keharmonisan keluarga," ujar Prof. Euis Sunarti seperti dikutip dari laman resmi IPB University, Rabu (6/5/2020).

"Ini ditujukan kepada seluruh anggota keluarga dengan cara yang tepat sesuai kematangan perkembangan setiap anggota keluarga," imbuhnya.

1. Ciptakan keluarga nyaman

Ciptakan suasana keluarga nyaman agar terbangunnya koherensi, fleksibilitas dan bonding (kelekatan) yang membawa kepada kesabaran setiap anggota untuk bertahan lama dalam melakukan proses pembelajaran dan aktivitas keluarga.

Buat setiap individu anggota keluarga merasa "diterima dan dipahami" oleh anggota keluarga lainnya dengan mengembangkan komunikasi asertif dan interaksi yang hangat.

2. Bersyukur

Pastikan anggota keluarga secara umum merasa puas dengan kehidupan keluarga. Caranya yakni dengan membiasakan mengekspresikan rasa syukur dan merasa cukup terhadap situasi atau kondisi pemenuhan kebutuhan setiap anggota dan keluarga secara kesatuan.

3. "Home sweet home"

Bangun lingkungan fisik rumah dan lingkungan yang "home sweet home" sehingga setiap anggota keluarga merasa nyaman dan betah tinggal di rumah.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X