Iwan Syahril Dilantik Mendikbud Jadi Dirjen GTK, Ini Rekam Jejaknya

Kompas.com - 09/05/2020, 09:29 WIB
Iwan Syahril yang kini mengemban tugas sebagai Dirjen GTK Kemdikbud. DOK.GTK KemdikbudIwan Syahril yang kini mengemban tugas sebagai Dirjen GTK Kemdikbud.
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) melaksanakan pelantikan 26 pejabat yang terpusat di gedung Kemdikbud Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Pelantikan itu terhubung dengan 52 lokasi yang berbeda, atau pelantikan dilaksanakan secara daring. Adapun yang melantik ialah Mendikbud Nadiem Makarim.

Dari pelantikan 26 pejabat ini terdiri dari 8 pejabat tinggi madya di lingkungan Kemdikbud, 17 anggota Lembaga Sensor Film periode 2020-2024, dan 1 rektor Universitas Singaperbangsa, Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Ini Daftar 8 Pejabat Eselon 1 yang Dilantik Mendikbud Secara Daring

Melansir laman resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud, Mendikbud Nadiem menekankan perlunya diberikan ruang kebebasan dan inovasi di ranah pendidikan.

"Pendidikan manusia Indonesia seutuhnya harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan tentunya memperhatikan pelaku pendidikan itu sendiri yaitu manusianya," ujar Mendikbud.

Tak hanya itu saja, meski di tengah wabah virus corona ini, Mendikbud berpesan agar para pejabat yang dilantik memberikan prestasi terbaik.

"Saya harapkan saudara dapat terus berkarya dan memberikan prestasi terbaik demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Marilah kita berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir," kata Nadiem Makarim.

Di lingkup Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dilantik Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan, Dr. Iwan Syahril, Ph.D., menggantikan Supriano yang menjabat sejak tahun 2018.

Berikut rekam jejak Iwan Syahril:

Pendidikan

S3:
1. Kebijakan Pendidikan, Michigan State University
2. Kurikulum, Pengajaran, dan Pendidikan Guru, Michigan State University

S2:
1.Kurikulum dan Pengajaran, Columbia University
2. Pendidikan Menengah (ESL/Literacy), Columbia University
3. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia

S1:
1. Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Kita Dekatkan Pendidikan dengan Dunia Nyata

Pengalaman

2019-2020: Staf Khusus Mendikbud Bidang Pembelajaran
2019-2019: Dekan Fakultas Pendidikan, Universitas Sampoerna, Jakarta
2019-2019: Direktur, Kantor Penelitian Kelembagaan dan Penjaminan Mutu, Universitas Sampoerna
2019-2019: Tim Ahli Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM), Kemendikbud
2017-2019: Tim Kualitas Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X