Dana Kemanusiaan Kompas dan Dewan Masjid Indonesia Salurkan Bantuan dari Pembaca

Kompas.com - 13/05/2020, 17:00 WIB
Pada momen Ramadan ini DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia untuk mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid. DOK. DANA KEMANUSIAAN KOMPASPada momen Ramadan ini DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia untuk mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid.

KOMPAS.com - Dana Kemanusiaan Kompas ( DKK) terus bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan dari pembaca Harian Kompas sebagai upaya penguatan masyarakat terdampak Covid-19.

Pada momen Ramadan ini DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia untuk mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid, berupa 1.000 paket bahan pokok senilai masing-masing Rp 200.000, 2.000 helai masker kain, dan 2.000 butir vitamin C.

“Selama masa pandemi ini, masyarakat dianjurkan untuk beribadah di rumah, otomatis tempat ibadah seperti masjid menjadi sepi," jelas Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Rusdi Amral.

Ia melanjutkan, "Tapi bukan berarti masjid ditinggalkan dan dibiarkan begitu saja, para imam dan marbot inilah yang masih berjibaku mengurus masjid di tengah pandemi. DKK berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka.”

Baca juga: Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia H Imam Addaruqutni mengatakan, bantuan ini membuktikan bahwa masih ada kemanusiaan di tengah bencana.

“Pandemi Covid-19 sedang menguji kesadaran kemanusiaan kita. Dana Kemanusiaan Kompas telah membuktikan bahwa ada orang- orang bersedia membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan," jelasnya, di Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Ia menambahkan, "Semboyan kami adalah tidak ada lagi daerah slum di sekitar masjid. Dana Kemanusiaan Kompas telah memperkuat misi tersebut.” 

DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid, berupa 1.000 paket bahan pokok senilai masing-masing Rp 200.000, 2.000 helai masker kain, dan 2.000 butir vitamin C.DOK. DANA KEMANUSIAAN KOMPAS DKK berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia mendistribusikan bantuan bagi imam dan marbot masjid, berupa 1.000 paket bahan pokok senilai masing-masing Rp 200.000, 2.000 helai masker kain, dan 2.000 butir vitamin C.

Selain bantuan untuk imam dan marbot masjid, DKK juga sebelumnya telah menyalurkan bantuan sebanyak 850 paket bahan pokok kepada warga terdampak Covid-19 di beberapa wilayah, antaranya;

  • RT 02/RW 04 Kelurahan Larangan Selatan,
  • RT 07/RW 08 Kelurahan Kramat,
  • RT 02/RW 03 Kelurahan Tegal Parang,
  • RT 10/RW 01 Kelurahan Cipayung,
  • RT 09/RW 01 Kelurahan Lubang Buaya,
  • RT 05/RW 05 Kelurahan Cimanggis Depok,
  • RW 09 Kelurahan Palmerah,
  • Yayasan Terus Berjuang yang merawat pasien TBC,
  • PORTURIN (Perhimpunan Olahraga Tuna Runggu Indonesia), dan
  • Wisma Tuna Ganda Cimanggis.

Baca juga: Terima Kasih, Bantuan Dana Kemanusiaan Kompas Mulai Disalurkan

Sementara itu, bantuan APD masih terus disalurkan untuk membantu melindungi para tenaga medis menjalankan tugasnya dalam penanganan Covid-19. Baju hazmat, kacamata gogle, sarung tangan medis, dan pelindung kepala serta wajah terus didistribusikan ke rumah sakit di berbagai daerah.

Rusdi menyatakan pekan mendatang DKK berencana menyalurkan bantuan kemanusiaan yang menyasar anggota PERTUNI (Persatuan Tunanetra Indonesia) dan para seniman yang terdampak Covid- 19 di Jakarta, Bali, Bantul, dan Yogyakarta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X