Penggunaan Google Clasroom di Masa PSBB dan "New Normal" di Tahun Ajaran Baru

Kompas.com - 16/05/2020, 17:28 WIB
E-poster kegiatan webinar Google Classroom dari Eduversal (16/5/2020). DOK. EDUVERSALE-poster kegiatan webinar Google Classroom dari Eduversal (16/5/2020).

KOMPAS.com - Jelang penutupan tahun ajaran 2019/2020 hendaknya tidak menghentikan guru untuk terus belajar meningkatkan kompetensi diri. Terlebih, tantangan belajar daring di tengah wabah Covid-19 masih membayangi tahun ajaran baru mendatang.

Tentunya, guru harus semakin siap dan membekali diri dengan kemampuan mengajar menggunakan sistem pembelajaran daring yang menjadi platform penting sebagai penghubung antara guru dan siswa selama masa PSBB (pembatasan sosial berskala besar) ini.

Salah satu platform yang banyak digunakan guru adalah  Google Classroom yang diangkat menjadi tema webinar pendidikan Eduversal dengan tema "Google Classroom: Advanced Tips & Tricks" (16/5/2020) yang diikuti lebih dari 250 guru dari seluruh Indonesia.

"Google Classroom (GC) merupakan sebuah platform pendidikan yang membantu guru mengorganisir kelas virtualnya dengan baik. Banyak sekali fitur yang memudahkan pekerjaan guru, memperjelas komunikasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan  orangtua," jelas Ade Kiki Ruswandi, Ketua Divisi Pendidikan Matematika Eduversal Indonesia.

Banyak digunakan guru

Baca juga: Cerita Guru Kiswanto Mengajar Jarak Jauh Murid SD Tanpa Internet

Lebih jauh Kiki menjelaskan, "Salah satu keunggulan Google Classroom adalah bisa terintegrasi dengan fitur-fitur Google for Education lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, Google Slides dan yang lainnya."

"Sebagian besar platform pendidikan lainnya pun bisa berintegrasi dengan GC. Dengan fitur selengkap ini, GC ini tidak berbayar. Guru, maupun sekolah bisa mendaftarkan dirinya dengan mudah," tambahnya.

Untuk pengguna baru, ia menyerankan dapat mendaftarkan diri di classroom.google.com, membuat kelas, dan membagikan kode kelas kepada siswa-siswanya.

Kemudian setelah semua siswa masuk ke kelas, bisa mengirimkan tugas disertai dengan info-info penting untuk penugasan seperti; batas waktu pengumpulan tugas, sistem penilaian dsb.

"Tutorialnya bisa ditemukan di support google classroom juga. Google Classroom menjelaskan secara rinci tahapan-tahapan yang perlu dilakukan," ujar Kiki.

Kiki juga menyampaikan beberapa tips dalam penggunaan fitur di Google Classroom yang dapat membantu guru dan siswa:

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X