Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2020, 10:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan agar calon mahasiswa segera menyelesaikan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 yang akan ditutup pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Hingga Senin, 15 Juni 2020 pukul 20.00 WIB, sebanyak 608.971 siswa telah selesai proses pendaftaran (cetak kartu).

"Statistika pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Senin, 15 Juni 2020. Sudah ada 673.558 orang pendaftar dan 608.971 orang telah menyelesaikan pendaftaran. Yuk segera selesaikan proses pendaftarannya," tulis LTMPT di laman Instagram, Senin (15/6/2020).

Baca juga: Link dan Cara Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

LTMPT berpesan untuk calon mahasiswa yang belum menyelesaikannya untuk tidak menunda untuk menyelesaikan proses pendaftaran, termasuk soal pilihan pusat UTBK dan program studi.

Bila sudah mendaftar, pastikan pula untuk mengunduh hingga mencetak kartu UTBK-SBMPTN 2020.

Untuk ketentuan cetak kartu, LTMPT menjelaskan bahwa calon mahasiswa bisa mencetak kartu menggunakan kertas HVS beragam ukuran.

Lalu, pastikan hasil cetakan jelas, sehingga tulisan dan barcode bisa terbaca.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia di Pemeringkatan Dunia QS WUR 2021

"Lantas jangan lupa download, simpan, dan cetak kartu pesertanya. Kartu Peserta UTBK bisa di-print di kertas HVS dengan ukuran bebas, asal hasilnya terlihat jelas, serta pastikan tulisan dan barcode-nya terbaca," imbuh LTMPT.

Hari sebelumnya, LTMPT juga berpesan untuk calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran untuk segera menyelesaikan proses hingga cetak kartu.

"Apakah sudah menyelesaikan pendaftaran sampai cetak kartu? Karena terpantau masih cukup banyak peserta yang baru sampai pada tahap pemilihan pusat UTBK," tulis akun Instagram LTMPT, Minggu (14/6/2020) malam.

Baca juga: Daya Tampung UGM di SBMPTN 2020, Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR

"Calon mahasiswa, tolong diingat ya untuk pemilihan tempat pusat UTBK direkomendasikan untuk memilih yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal sekarang, dan juga pastikan siswa menyelesaikan pendaftaran sampai tahap cetak kartu."

Berikut informasi Data Statistik Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 hingga Senin 15 Juni 2020:

  • Jumlah peserta telah memilih Pusat UTBK: 673.558
  • Jumlah peserta selesai proses Pendaftaran (Cetak Kartu): 608.971 (terdiri dari jumlah peserta reguler 479.138 dan peserta KIP Kuliah 129.833)

Baca juga: Daftar PTN Paling Diminati Peserta SBMPTN 2019

LTMPT mengingatkan agar pengisian data sudah benar, termasuk pilihan pusat UTBK dan data disabilitas (tunanetra/tunadaksa). Jika sudah simpan permanen (cetak kartu) data sudah tidak dapat diubah lagi.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 akan berlangsung hingga Sabtu, 20 Juni 2020. Artinya, calon mahasiswa yang belum mendaftar atau menyelesaikan pendaftaran hanya memiliki waktu sekitar 4 lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com