Kompas.com - 18/06/2020, 22:14 WIB

KOMPAS.com – Berbagai pihak terus memberikan dukungan penanganan pandemi covid-19 di Banyuwangi. Salah satunya datang dari kampus Universitas Negeri Malang (UNM) yang membuat program penanganan covid-19 daerah.

Kampus ini mulai membagikan 1.000 masker dan bantuan sembako bagi warga terdampak, penyediaan fasilitas cuci tangan, edukasi tentang covid-19, hingga sosialisasi new normal pada warga.

Staf Ahli Rektor III, Juhariyanto mengatakan, UNM dan pemerintah daerah Banyuwangi bekerja sama di bidang Pendidikan sejak tiga tahun terakhir. Salah satunya menjadikan Banyuwangi sebagai lokasi KKN mahasiswa.

“Kegiatan KKN ini telah dilakukan di berbagai desa di Banyuwangi dengan berbagai program yang bermanfaat bagi warga,” ujar Juhariyanto.

"KKN Pulang Kampung"

Pada masa Pandemi Covid-19 ini, program KKN yang dilaksanakan di Banyuwangi dilakukan para mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan "kuliah kerja nyata (KKN) Pulang Kampung".

"KKN Pulang Kampung" adalah salah satu jenis KKN yang ada di kampus UNM selain KKN Reguler dan KKN Tematik.

“Sengaja kami prioritaskan di masa Pandemi karena dinilai yang paling aman, karena mahasiswa kan memang sudah pulang ke daerah masing-masing sejak Pandemi merebak, tepatnya pertengahan Maret,” kata Juhariyanto yang juga selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) dikutip dari laman banyuwangikab (16/6/2020).

Untuk pelaksanaan KKN ini, kata Juhariyanto, baru dimulai pada 29 Mei lalu hingg 4 Juli yang akan datang. Dengan berfokus pada program kegiatan bertemakan penanganan Covid-19.

“Jadi mahasiswa memang kami arahkan untuk membuat program kerja yang bisa membantu warga dalam menghadapi pandemi” kata Juharyanto.

Ia melanjutkan “Seperti membagikan masker, membagikan sembako bagi warga terdampak, membuat fasilitas cuci tangan, edukasi tentang Covid-19 dan hingga sosialisasi era new normal agar warga siap menjalaninya,” ucap Juharyanto.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.