Akademisi UGM: Pemakai Narkoba Lebih Berisiko Terinfeksi Corona

Kompas.com - 27/06/2020, 06:06 WIB
ilustrasi narkoba shutterstockilustrasi narkoba
|

KOMPAS.com - Virus corona atau Covid-19 hingga kini masih menjadi momok bagi seluruh manusia di dunia. Tak hanya orang dengan penyakit bawaan saja, tetapi orang sehat juga berisiko terinfeksi.

Namun, bagi para pecandu atau orang yang aktif mengonsumsi narkoba justru lebih memiliki kerentanan terhadap virus corona.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Pakar Narkotika dan Psikotropika Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. dr. Rustamadji, M.Kes.

Baca juga: Guru Besar Farmasi UGM: Ini Terapi Penyembuhan Covid-19

"Pengguna narkoba juga berisiko tinggi terpapar virus corona jenis baru ini. Disamping lansia, orang dengan komorbid, dan perokok," ujar Adji seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (26/6/2020).

Melemahkan imunitas tubuh

Menurut Adji, konsumsi narkoba sudah tentu berdampak buruk bagi kesehatan. Tak hanya merusak mental, konsumsi narkoba juga merusak tubuh penggunanya.

Konsumsi narkoba diketahui bisa melemahkan imunitas tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi berbagai macam virus maupun bakteri, termasuk virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

"Penggunaan narkoba bisa menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga di tengah pademi Covid-19 ini penggunanya akan lebih berisiko terpapar Covid-19," jelas dosen FKKMK UGM ini.

Adapun contoh penggunaan narkotika dari kelompok opium telah terbukti membawa dampak buruk pada paru-paru. Narkoba dari jenis ini apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat memperlambat pernapasan.

Dengan begitu, jika penguna narkotika jenis ini terinfeksi Covid-19 maka akan memperparah kondisi kesehatan tubuhnya.

Rentan penularan Covid-19

Dikatakan, aktivitas konsumsi narkoba juga rentan menjadi wahana penularan Covid-19. Sebab, konsumsi narkoba pada umumnya dilakukan secara bersama-sama dalam kelompok sehingga risiko penularannya menjadi lebih besar.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X