Akademisi UNS: Ini Pertimbangan Sebelum Pilih Beasiswa Berikut Tipsnya

Kompas.com - 07/07/2020, 08:28 WIB
Ilustrasi LPDP Dok. LPDPIlustrasi LPDP
|

KOMPAS.com - Bagi para mahasiswa atau lulusan S1 yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi harus memperhatikan beberapa hal.

Apalagi jika ingin mengambil beasiswa kuliah. Tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil beasiswa tersebut.

Apa saja itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta mengadakan Sharing Session dengan mengusung tema beasiswa.

Adapun kegiatan diadakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan Youtube, pada Sabtu (4/7/2020). KSI FP UNS bekerja sama dengan Penerima Beasiswa angkatan 167 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP).

Baca juga: Akademisi UNS Bagikan Tips Bangun Industri Kreatif

Salah satu narasumber webinar yang merupakan penerima beasiswa LPDP Mercy Bientri Yunindanova, M.Si membagikan pengalaman saat mendaftar beasiswa LPDP.

Dosen Fakultas Pertanian tersebut pernah beberapa kali mendaftar beasiswa sejak lulus S2 pada 2012, namun baru diterima pada 2019.

Menurut Mercy, untuk mencapai itu semua pasti membutuhkan upaya. "saya memilih untuk mencari beasiswa agar tidak merepotkan orangtua serta agar dapat merasakan kompetisi," ujar Mercy seperti dikutip dari laman UNS, Senin (6/7/2020).

Dijelaskan, ada banyak beasiswa yang tersedia, seperti:

  • Australia Awards Scholarships
  • Chevening
  • DAAD
  • LPDP
  • BUDI
  • Unggulan
  • Monbukagakusho, dan masih banyak lagi

"Beasiswa Australia Awards Scholarships, saya juga pernah apply tapi belum rezeki," tuturnya.

Yang harus dipertimbangkan

Sebelum memilih beasiswa, banyak hal yang harus dipertimbangkan serta beberapa ketentuan-ketentuannya, antara lain:

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X