Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Prodi Vokasi UI Tawarkan Lulusan Siap Hadapi Industri Kreatif

Kompas.com - 07/07/2020, 12:22 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia di industri kreatif yang berkembang pesat, Universitas Indonesia (UI) melalui Program Pendidikan Vokasi UI menyajikan ragam pilihan program studi jenjang ahli madya (D3).

Empat program studi tersebut yakni Periklanan Kreatif, Hubungan Masyarakat, Penyiaran Multimedia, dan Pariwisata.

Selama berkuliah, mahasiswa di keempat program studi (prodi) tersebut akan mempelajari sejumlah aspek pada sub sektor industri kreatif sebagaimana ditetapkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), di antaranya desain, videografi, fotografi, televisi dan radio, periklanan, serta seni budaya.

Baca juga: Beasiswa D3/S1 dari Universitas Islam Indonesia, Bebas Biaya Kuliah

Direktur Vokasi UI Prof. Sigit Pranowo Hadiwardoy menuturkan, Industri kreatif merupakan sektor yang berbasis pada daya cipta dan kreasi tanpa batas.

Vokasi UI, lanjut dia, menjawab kebutuhan negeri dengan memfasilitasi mahasiswa akan keunggulan tenaga pengajar, fasilitas penunjang yang mumpuni, serta jaringan dengan pihak industri, pemerintah, maupun komunitas yang kuat.

"Berkuliah di Vokasi UI akan membuat para mahasiswa berkembang di dalam budaya pemikiran kritis, inovatif, serta kreatif. Para mahasiswa Vokasi UI juga akan mendapatkan pengalaman dan keterlibatan industri kehidupan nyata di sektor industri sesuai jurusannya," papar Sigit seperti dilansir dari laman resmi UI, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Info Lowongan Kerja BCA 2020 untuk Lulusan D3/S1

Cetak lulusan siap kerja

Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Vokasi UI Priyanto menjelaskan bahwa lulusan dari keempat prodi tersebut semakin diminati seiring dengan perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Dalam memperkuat kemampuan lulusan agar dapat match dengan industri, Vokasi UI juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah stakeholder, mulai dari asosiasi profesi, BUMN, instansi pemerintah, dan perusahaan swasta.

Kerja sama tersebut meliputi penyusunan kurikulum, program magang, dosen profesional, hibah laboratorium, beasiswa, sertifikasi, pertukaran dosen dan mahasiswa, riset, serta pengabdian pada masyarakat.

Baca juga: Subsidi UKT Mahasiswa D3-S1, Beasiswa Baznas Jabar Buka Pendaftaran

“Dengan terjalinnya kerja sama dan jejaring yang luas, maka akan menghasilkan sumber daya lulusan dengan kompetensi yang baik, sehingga membuat lulusan Vokasi UI rata-rata terserap kerja dalam waktu 0-3 bulan,” kata Priyanto.

Berikut empat prodi Vokasi UI:

1. Program Studi Periklanan Kreatif

Ia menuturkan, salah satu program studi yang erat kaitannya dengan industri kreatif adalah Program Studi Periklanan Kreatif.

“Kompetensi utama lulusan prodi ini adalah tenaga kerja hybrid yang terampil dan mumpuni mencakup kompetensi Account Executive, Strategic Planner, Creative, dan Media Planner. Lulusannya juga akan menjalani sertifikasi kompetensi Perancangan Strategis Kreatif dan Pembuatan Iklan di Lembaga Sertifikasi Profesi UI,” kata Priyanto.

Baca juga: Link Contoh Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT

2. Program Studi Penyiaran Multimedia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com