Ingin Jadi Pelaut? Seperti Ini yang Dipelajari Taruna Kelautan

Kompas.com - 30/07/2020, 15:43 WIB
Info yang dipelajari Taruna di pendidikan kelautan. Tangkapan layar Instagram Dikti VokasiInfo yang dipelajari Taruna di pendidikan kelautan.
|

KOMPAS.com - Menimba ilmu di kampus tak harus di universitas. Tetapi, kuliah itu bisa di kampus mana saja.

Apalagi jika kamu punya jiwa petualang, terlebih suka dengan dunia kelautan, maka tak salah jika kamu memilih untuk menjadi seorang pelaut.

Selain memilki kisaran gaji yang cukup menjanjikan, SDM pelaut niaga maupun pesiar sangat dibutuhkan sehingga peluang untuk bergabung cukup besar.

Baca juga: Ini Kampus Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2020

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang pelaut, maka simak informasi yang dirangkum dari akun resmi Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi & Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud ini.

Ini dia yang dipelajari Taruna pada pendidikan kelautan sesuai tingkatannya:

Tingkat 1

  • Struktur organisasi yang ada di atas kapal serta mempelajari tentang jenis-jenis kapal.

Tingkat 2

  • Navigasi serta alat-alat keselamatan.

Tingkat 3

  • Standard Marine Communication Phrases (SMCP) atau bahasa komunikasi pelaut.

Untuk menjadi seorang pelaut tentu kamu harus mempunyai jiwa petualang. Ini karena nantinya kamu akan berlayar antar pulau, negara dan samudra.

Pelaut juga harus siap menghadapi keadaan darurat di laut seperti gelombang, badai, angin, tubrukan, kebakaran, dan lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X