Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zenius Dedikasikan Upacara HUT RI Virtual untuk Donasi Infastruktur PJJ

Kompas.com - 17/08/2020, 13:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam peringatan HUT RI ke-75, Zenius Education, platform belajar online, memberikan bantuan kepada guru dan siswa di daerah yang membutuhkan fasilitas penunjang pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang lebih baik.

Zenius, yang mengadakan upacara peringatan 17 Agustus tahun ini secara live melalui Zenius app, mendonasikan 2.000 rupiah untuk setiap kehadiran virtual per satu individu peserta upacara.

Dari dana terkumpul sebesar 50 persen akan dialokasikan untuk fasilitas guru dan 50 persen lainnya untuk fasilitas siswa.

Kontribusi dalam semangat pendidikan

“Para pendiri pondasi pendidikan bangsa kita memiliki semangat bahwa pendidikan adalah hak seluruh masyarakat, dan sebuah bangsa tidak akan betul-betul merdeka pikiran tanpa pendidikan yang baik," Sabda PS, Chief Education Officer Zenius Education melalui rilis resmi (16/8/2020).

Sabda menambahkan, "Diilhami semangat yang sama, kami ingin membantu menghadirkan pendidikan yang lebih baik bagi para insan pendidikan di daerah dengan fasilitas yang nyata."

Ia menyampaikan, meski saat ini kita tidak dapat melakukan upacara secara langsung, namun semangat dan kegembiraan perayaan kemerdekaan tetap dapat kita lakukan sembari memberikan kontribusi nyata dalam semangat pendidikan.

Hal senada disampaikan Amanda Witdarmono, Head of Teachers Initiatives Zenius Education. 

“Kami berharap inisiatif ini dapat diterima dengan baik oleh para guru dan siswa di daerah yang membutuhkan, sebagai bentuk nyata kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia dalam semangat kemerdekaan," ungkap Amanda.

Baca juga: Sambut HUT RI ke-75, Kemendikbud Gelar Nobar Battle of Surabaya

Menyasar daerah terbatas infrastruktur PJJ

Ia menjelaskan pemilihan untuk memberikan fasilitas pendukung guru dan siswa dalam melaksanakan PJJ adalah dari kondisi lapangan di mana masih banyak guru dan siswa yang memiliki semangat besar untuk belajar, namun masih terhalang keterbatasan infrastruktur seperti ponsel dan internet.

Realisasi dan penyaluran bantuan fasilitas ini akan ditangani oleh Kitabisa.com. Daerah yang disasar untuk disumbangkan adalah daerah-daerah di seluruh Indonesia yang paling terkendala melaksanakan PJJ karena terdampak oleh pandemi.

Upacara virtual ala Zenius ini akan diadakan pada hari Senin, 17 Agustus 2020 pada pukul 09.00 WIB.

Upacara dipimpin tutor Zenius Leonard Alden dan diikuti oleh siswa dan guru dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com