Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kurangi Angka Stunting, Pemerintah Gandeng Bank Dunia, Tanoto Foundation dan Bill and Melinda Gates Foundation

Kompas.com - 09/09/2020, 15:15 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pengurangan kemiskinan dan pencegahan stunting agar tercapainya pertumbuhan ekonomi yang setara.

Salah satunya adalah mengadopsi Proyek Modal Manusia dari Bank Dunia dengan melibatkan seluruh jajaran pemerintahan.

Dilihat dari Indeks Modal Manusia Indonesia (HCI) tahun 2018, Indonesia berada di angka 0,53. Ini berarti seorang anak yang dilahirkan hanya mencapai setengah dari kapasitas produktivitas. Padahal HCI menjadi tolak ukur terhadap dunia pendidikan dan kesehatan.

Sementara itu, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)) tahun 2018, sebanyak tiga dari sepuluh anak Indonesia di bawah umur lima tahun mengalami stunting.

Baca juga: Maksimalkan Pengentasan Stunting, BP3S Manfaatkan SDM PKH

Data itu menunjukan bahwa kinerja pemerintah dalam mencegah stunting di Indonesia, masih termasuk rendah.

Pasalnya, World Health Organization (WHO) sendiri menetapkan batas maksimal untuk toleransi stunting pada angka 20 persen, atau seperlima dari jumlah seluruh balita yang ada.

Atas dasar itu, pemerintah pada 2017 telah meluncurkan Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Anak Stunting.

Meskipun Strategi Nasional itu mulai diimplementasikan pada 2018, namun sudah mendapat persetujuan dari lembaga pemerintah desa hingga pusat sebagai program paket intervensi gizi prioritas multi-sektor.

Kini bersama Bank Dunia, Tanoto Foundation, dan Bill and Melinda Gates Foundation, Pemerintah membuat program baru untuk mengurangi angka stunting di Indonesia.

Baca juga: Cegah Stunting, Simak 4 Tips Jitu Anak Doyan Makanan Bergizi

Program tersebut berbasis hasil yang disebut Investing in Nutrition and Early Years atau Investasi pada Nutrisi dan Usia Awal Kehidupan (INEY).

Baik Tanoto Foundation, dan Bill and Melinda Gates Foundation termasuk bagian dari Multi Donor Trust Fund untuk Percepatan Modal Manusia Indonesia (IHCA-MDTF).

Lembaga ini mendukung secara menyeluruh dalam meningkatkan kualitas pada program-program nasional dan daerah, seperti pembangunan manusia dan penyediaan layanan hingga memperkuat kinerja sektoral.

Trust Fund atau dana perwalian ini merupakan kemitraan baru untuk membangun fondasi yang kuat bagi produktivitas di masa depan dan sebagai langkah mengurangi taraf kemiskinan.

Baca juga: Perlu Tahu, Pernikahan Dini Penyebab Masalah Stunting di Indonesia

Terdapat tiga pilar yang menjadi misi utama Trust Fund. Pertama, menerapkan Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Anak Stunting melalui kebijakan tertentu dari program Bank Dunia Investasi pada Nutrisi dan Usia Awal Kehidupan (INEY).

Kedua dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran di sekolah. Ketiga, mengatasi ketidaksetaraan di tingkat regional dalam hal pembentukan modal manusia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com