Kompas.com - 11/09/2020, 12:27 WIB
|

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Yakni mampu menduduki peringkat 1 dunia sebagai Islamic Universities.

Kampus itu ialah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Adapun lembaga yang melakukan pemeringkatan tersebut ialah 4 International Colleges and Universities (4ICU), atau salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang kredibel.

Lembaga ini melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dalam skala global, region, maupun masing-masing negara. Tetapi, pemeringkatan ini secara global.

Baca juga: Kemendikbud: Daftar 15 PTN yang Masuk Klaster 1 Perguruan Tinggi

Tentu, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unnes karena bisa di atas dari universitas-universitas top di dunia.

Adapun beberapa poin pokok sebagai dasar penilaiannya terhadap lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang ada.

  1. Perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut.
  2. Perguruan tinggi itu menawarkan program pendidikan mulai dari sarjana hingga pascasarjana, baik magister maupun doktoral.
  3. Menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh.

Tujuan dari pemeringkatan ini untuk menyediakan Tabel Liga non-akademis dari Universitas Islam Top di dunia berdasarkan:

  • metrik web yang valid
  • tidak bias
  • tidak dapat dipengaruhi yang disediakan oleh sumber intelijen web independen daripada data yang dikirimkan oleh Universitas itu sendiri.

Dalam publikasi terbarunya, 4ICU menempatkan Universitas Berwawasan Konservasi ini pada peringkat pertama sebagai Islamic Universities in the World.

Peringkat itu membuat Unnes berada di atas Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia), Umm Al-Qura University (Saudi Arabia), dan Cairo University (Mesir).

"Unnes adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang bukan dibawah Kemenag yang mendapatkan pengakuan dunia sebagai Islamic University," ujar Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (11/9/2020).

Menurut dia, Unnes sebagai universitas berwawasan konservasi yang bernafaskan nilai-nilai Islami mendapatkan pengakuan dari 4ICU.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.