KILAS

Gandeng Nila Tanzil, Tanoto Foundation Ajak Orangtua Tingkatkan Minat Baca Anak

Kompas.com - 29/09/2020, 12:00 WIB
Orangtua berperan besar dalam meningkatkan minat baca anak. DOK. Tanoto FoundationOrangtua berperan besar dalam meningkatkan minat baca anak.

KOMPAS.com - Tanoto Foundation bekerja sama dengan pendiri Taman Bacaan Pelangi yang aktif memperkenalkan budaya baca hingga wilayah Timur Indonesia, Nila Tanzil mengajak orangtua meningkatkan minat baca anak.

Ajakan itu disampaikan karena saat ini banyak orangtua yang belum memahami perannya dalam meningkatkan minat baca anak. Kebiasaan membaca bersama anak pun sering kali terlewat seiring beban kesibukan.

Padahal, memperkenalkan minat baca sejak dini dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi, serta keaktifan kinerja otak anak. Mengenalkan membaca sejak dini bisa dimulai salah satunya dengan bercerita.

Sebagai informasi, bercerita bukan hanya berfungsi sebagai hiburan, tapi juga penting sebagai stimulasi perkembangan anak usia dini.

Pada usia 0-6 tahun misalnya, anak-anak berada pada masa golden age sehingga lebih mudah dan cepat menerima stimulus.

Baca juga: Resmi Buka Program Teladan, Tanoto Foundation Cari Pemimpin Masa Depan

Sayangnya keterbatasan akses menjadi salah satu penyebab membaca belum menjadi hobi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, Tanoto Foundation dan Nila melakukan kampanye #IndonesiaCintaMembaca, yang pertama kali diperkenalkan pada Hari Literasi Internasional, Selasa (8/9/2020).

Salah satu kegiatan dari kampanye tersebut adalah Storytelling Webinar bersama Rumah Dongeng Mentari dan Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD RC) Yogyakarta, Kamis (24/9/2020).

Kegiatan tersebut diadakan untuk mengajak para orangtua memulai kebiasaan bercerita di rumah, serta mengedukasi guru dan orangtua mengenai teknik mendongeng yang mudah.

Baca juga: Kemensos Gandeng Tanoto Foundation untuk Tingkatkan Potensi SDM Penyelenggara Kesos

Hal tersebut penting disampaikan karena mendongeng adalah salah satu teknik bercerita yang menyenangkan bagi anak. Dengan begitu, orangtua dapat menanamkan pesan moral sehingga anak dapat belajar tanpa perlu merasa digurui.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X