Mahasiswa, Kemendikbud Sebut 5 Keterampilan agar Jadi Lulusan Berkompeten

Kompas.com - 09/11/2020, 12:45 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional. ShutterstockIlustrasi mahasiswa internasional.

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memaparkan lima keterampilan yang wajib dikuasai mahasiswa selama kuliah.

Keterampilan tersebut diperlukan mahasiswa untuk bisa menjadi lulusan yang berkompeten dan andal untuk bisa menghadapi tantangan global setelah lulus nanti.

"Dalam menghadapi tantangan global, diperlukan lulusan yang kompeten dan andal. Untuk itu, mahasiswa perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan. #InsanDikti perlu terus menggali dan meningkatkan berbagai keterampilan selama menjalani masa perkuliahan," tulis Ditjen Dikti melalui akun Instagram resmi, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Beasiswa Belajar Data Science dari DQLab UMN, Terbuka untuk Umum

Berikut 5 keterampilan yang perlu dikuasai mahasiswa selama kuliah:

1. Public speaking (berbicara di hadapan umum)

Public speaking atau komunikasi di hadapan umum menjadi salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh mahasiswa.

Kemendikbud menyebutkan, ada banyak wadah yang bisa dijadikan sebagai proses meningkatkan keterampilan ini, misalnya dengan cara menjadi juru bicara dalam presentasi tim di kelas, aktif bertanya, dan mengikuti kompetensi debat atau pidato.

2. Manajemen waktu

Keterampilan dalam mengelola waktu juga sangat dibutuhkan mengingat semakin hari semakin banyak tugas yang perlu diselesaikan dalam satu waktu.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Kemampuan mengatur waktu untuk kuliah, belajar, aktif berorganisasi, dan bermain dengan teman kuliah tak hanya membuat mahasiswa mampu menyelesaikan tugas tepat waktu, tetapi juga belajar dalam menentukan prioritas.

3. Networking (relasi)

Selama menjalani kuliah, mahasiswa akan berdinamika dengan beragam karakteristik orang.

Untuk itu, mahasiswa perlu memperluas koneksi membangun relasi dengan baik yang akan dibutuhkan saat menempuh dunia kerja nantinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X