Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menristek: Inovasi, Solusi Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Kompas.com - 10/11/2020, 17:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Inovasi Indonesia Expo 2020 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), Selasa (10/11/2020).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kemenristek tersebut. Jokowi juga menyatakan bahwa selama pandemi ini inovasi menjadi sangat penting.

Hal sama juga diungkapkan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro.

Dorong kemandirian bangsa

Menurut Menristek, pameran yang digelar secara virtual ini juga untuk mendorong hilirisasi riset dan inovasi. Tentu agar dapat meningkatkan kemajuan dan kemandirian bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Punya Banyak Inovator Hebat

"Dalam expo ini pengunjung dapat membeli langsung berbagai produk inovasi yang dipamerkan," ujar Bambang Brodjonegoro.

Dijelaskan, expo ini dibagi menjadi dua kegiatan. Yakni pameran interaktif yang digelar pada 10-13 November 2020. Dan dilanjutkan dengan pameran statis pada 14 November - 10 Desember 2020.

Kegiatan ini untuk menampilkan hasil riset dan inovasi dari berbagai lembaga penelitian, universitas, berbagai pemangku kepentingan Litbangjirap lain.

"Semoga inovasi dapat terus menjadi solusi dan arus utama transformasi, sehingga Indonesia dapat keluar dari middle income trap dan mewujudkan misi 2045 yaitu menjadi negara berpendapatan tinggi," harapnya.

Lebih jauh, Menristek membeberkan saat ini pihaknya mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui program desa inovasi.

Tentu dengan bekerja sama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta program UMKM Berinovasi yang terus ditingkatkan lingkup dan kualitasnya.

Siapkan ketahanan bangsa

Dikatakan, sebagaimana arahan presiden dalam berbagai kesempatan, belajar dari pandemi ini komunitas Litbangjirap ke depan akan berfokus pada kesiapan dan ketahanan bangsa untuk menghadapi berbagai pandemi melalui:

1. berbagai inovasi

2. pengembangan vaksin merah putih

3. kemandirian alat kesehatan dan obat

4. termasuk obat moderen asli Indonesia

Baca juga: Yuk Ikut Lomba di Inovasi Indonesia Expo 2020 Gelaran Kemenristek

5. serta kehidupan berkualitas yang berkelanjutan melalui inovasi, energi baru dan terbarukan

"Kegiatan expo ini menjadi bukti kepedulian kita semua sebagai komunitas bangsa yang bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kemandirian bangsa," tandas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com