Kompas.com - 10/11/2020, 17:07 WIB
Menristek Bambang Brodjonegoro pada pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020. Tangkapan layar kanal Youtube KemenristekMenristek Bambang Brodjonegoro pada pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020.
|

KOMPAS.com - Inovasi Indonesia Expo 2020 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), Selasa (10/11/2020).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kemenristek tersebut. Jokowi juga menyatakan bahwa selama pandemi ini inovasi menjadi sangat penting.

Hal sama juga diungkapkan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro.

Dorong kemandirian bangsa

Menurut Menristek, pameran yang digelar secara virtual ini juga untuk mendorong hilirisasi riset dan inovasi. Tentu agar dapat meningkatkan kemajuan dan kemandirian bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Punya Banyak Inovator Hebat

"Dalam expo ini pengunjung dapat membeli langsung berbagai produk inovasi yang dipamerkan," ujar Bambang Brodjonegoro.

Dijelaskan, expo ini dibagi menjadi dua kegiatan. Yakni pameran interaktif yang digelar pada 10-13 November 2020. Dan dilanjutkan dengan pameran statis pada 14 November - 10 Desember 2020.

Kegiatan ini untuk menampilkan hasil riset dan inovasi dari berbagai lembaga penelitian, universitas, berbagai pemangku kepentingan Litbangjirap lain.

"Semoga inovasi dapat terus menjadi solusi dan arus utama transformasi, sehingga Indonesia dapat keluar dari middle income trap dan mewujudkan misi 2045 yaitu menjadi negara berpendapatan tinggi," harapnya.

Lebih jauh, Menristek membeberkan saat ini pihaknya mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui program desa inovasi.

Tentu dengan bekerja sama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta program UMKM Berinovasi yang terus ditingkatkan lingkup dan kualitasnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.