Kompas.com - 28/11/2020, 07:56 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) ditunjuk menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2020 oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

KMHE tahun 2020 berlangsung pada 26 – 30 November 2020 dan diselenggarakan dengan sistem daring. Bertema “Energi Untuk Negeri”, total peserta KMHE yang berhasil masuk ke babak final adalah sebanyak 36 tim dari 27 universitas/ institut/ politeknik.

Penyelenggaraan kompetisi kali ini sejalan komitmen UI yang turut berupaya memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional. Salah satunya dengan pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Ketua Pelaksana KMHE 2020 Muhamad Asvial mengatakan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seluruh rangkaian KMHE 2020 kali ini diselenggarakan dengan sistem daring, sehingga setiap peserta tidak perlu datang ke lokasi tuan rumah.

KMHE 2020 sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Prototype dan Urban concept.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kategori Prototype merupakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi, sedangkan Urban concept merupakan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan.

“Setiap tim telah melalui tahapan seleksi mulai dari seleksi proposal di awal, dilanjutkan dengan pembuatan laporan desain. Tim yang mampu menyajikan laporan desain dengan baik dinyatakan lolos ke babak final untuk mempresentasikan mobil mereka. Sebelum terseleksi ke dalam babak final, tercatat jumlah pendaftar mencapai 110 tim dari 74 universitas/institut/ politeknik,” kata Asvial dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Abdul Haris mengatakan, UI berkomitmen untuk mendorong mahasiswa mengembangkan karakter, minat bakat, kemampuan, serta potensi, baik hard skill maupun soft skill melalui beragam aktivitas dan kegiatan kemahasiswaan untuk mewujudkan mahasiswa yang unggul, kreatif, dan inovatif.

"UI juga turut serta secara aktif dalam berpartisipasi dan mendukung berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, khususnya yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," paparnya.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep mengapresiasi dukungan UI sebagai tuan rumah pelaksanaan KMHE 2020 yang berhasil mengemas KMHE secara virtual.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Asep mengajak para mahasiswa untuk dapat memanfaatkan ajang ini sebagai wadah untuk mengembangkan diri.

Menurutnya, tujuan luhur dari kontes ini adalah untuk menjunjung tinggi integritas dan sportivitas dalam berkompetisi.

"Melalui ajang ini, kami berharap para peserta didik mampu menguatkan integritasnya, dan menemu kenali potensi untuk menjadi pelajar Pancasila yang tangguh dan mandiri,” papar Asep.

Selain presentasi final, KMHE 2020 juga menyelenggarakan lomba poster KMHE 2020.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.