Ikut Kuliah Daring Mudah Capek? Begini Lho Posisi Duduk Ideal

Kompas.com - 01/12/2020, 19:34 WIB
Mahasiswi UMN yang kuliah secara online. DOK.UMNMahasiswi UMN yang kuliah secara online.
|

KOMPAS.com - Selama hampir sembilan bulan, siswa maupun mahasiswa bahkan para pekerja ada yang belajar maupun bekerja dari rumah karena imbas pandemi Covid-19.

Hanya saja, belajar maupun bekerja dari rumah juga ada kendalanya. Selain merasa bosan, seseorang juga akan merasa pegal-pegal di punggungnya.

Tak hanya itu saja, mata terlalu sering berhadapan dengan laptop atau komputer juga lelah. Apakah kamu merasakan hal demikian?

Jangan khawatir, sebab semua ada resepnya. Apa itu? Melansir akun Instagram Universitas Islam Indonesia ( UII), Senin (30/11/2020), berikut tulisan admin:

Sudah berapa lama Sobat di depan laptop atau komputer hari ini? Apakah sudah muncul rasa pegal-pegal di badan?

Eitss, jangan khawatir! Mungkin pegal-pegal dan encok yang Sobat rasakan akibat dari posisi duduk yang kurang tepat saat kuliah/bekerja daring beberapa waktu belakangan.

Supaya encok dan pegal-pegalnya tidak keterusan, yuk coba kita terapkan, posisi duduk ideal saat kuliah/bekerja dari rumah!

Baca juga: Alumni UII: Fresh Graduate Ingin Cari Kerja, Lakukan Hal Ini

Posisi duduk ideal

Ketika kuliah daring atau bekerja daring, maka ini adalah posisi duduk yang ideal. Hanya saja, ukurannya disesuaikan dengan tinggi badan dan kenyamanan masing-masing individu.

Berikut ini posisi duduk ideal dari dr. Zainuri Sabta Nugraha, M.Sc selaku Sekretaris Program Studi Kedokteran Program Sarjana UII. Tentu posisi ini ideal untuk mencegah tarikan atau regangan otot.

  • Misal tinggi meja 75 cm, maka tinggi tempat duduk ialah 43-48 cm.
  • Jarak mata dengan layar komputer ialah 40-47 cm dan kaki harus menapak sempurna di lantai.
  • Kelengkungan punggung juga alami, termasuk posisi kaki 90 derajat.

Untuk menjaga kesehatan mata

Jika mata sehat, maka belajar atau bekerja juga menjadi semangat. Berikut tipsnya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X