Kompas.com - 07/12/2020, 11:46 WIB

KOMPAS.com – Pekan ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) bersama REFO kembali menggelar Indonesia Edu Webinar untuk meningkatkan keterampilan guru dan tenaga kependidikan.

"#IndonesiaEduWebinars pada tanggal 7 - 11 Desember 2020 akan mengangkat tema Keterampilan Mengajar & Keahlian Abad 21 #BersamaREFO," tulis akun Instagram Ditjen GTK Kemendikbud, Senin (7/12/2020).

Tema pekan ini akan berfokus pada keahlian yang dibutuhkan oleh pendidik maupun peserta didik dalam menyikapi perkembangan zaman dan menghadapi abad 21.

Baca juga: Seleksi Guru PPPK, Mendikbud: Upaya agar Guru Honorer Dapat Gaji Layak

Khusus untuk para remaja dan pendidik, mulai bulan Desember ini REFO akan membahas tentang Profesi Masa Depan, dimulai dengan seseorang yang berprofesi sebagai Virolog dan ada juga duo Kreator Konten yang bisa berdampak nyata.

Pada sesi Keahlian Literasi, guru akan diajak untuk membahas cara-cara praktis guru dan orang tua dalam membangun perbendaharaan kata pada anak.

Untuk sesi mengenai Integritas Akademik, narasumber akan mengajarkan cara pengecekan plagiasi dengan aplikasi Turnitin.

Ada juga sesi yang membahas protokol fisik pencegahan Covid-19 yang perlu diterapkan di sekolah sebagai persiapan pembukaan sekolah kembali.

Lalu sesi mengenai kesehatan mental yang berfokus kepada pentingnya sistem pendukung (support system) bagi tiap individu.

Baca juga: Lowongan Kerja BCA Desember 2020 untuk Lulusan D3-S1

Selain itu, ada pula kiat mengajar tentang kesetaraan gender, bagaimana menggunakan proyek nyata sebagai lahan pembelajaran, cara seru untuk mempopulerkan sains melalui konten video.

Sesi-sesi minggu ini diharapkan mampu mempersiapkan guru dan peserta didik untuk tantangan belajar mengajar di abad 21.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.