Kompas.com - 12/12/2020, 09:28 WIB
Ilustrasi wawancara kerja fizkesIlustrasi wawancara kerja
|

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan ketika masih duduk di bangku kuliah dahulu. Dengan berbekal nilai akademik yang bagus maka akan mudah dapat kerja.

Tapi, nilai akademik tinggi tidak menjamin bisa mudah dapat pekerjaan. Terlebih bagi para pencari kerja yang baru lulus sekolah atau kuliah (fresh graduate) harus paham beberapa hal.

Salah satunya ialah saat menghadapi wawancara kerja. Apa saja yang perlu kamu persiapkan? Maka simak informasi di bawah ini.

Informasi di rangkum dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Perusahaan BUMN Ini Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3/S1

Bagi fresh graduate, berikut ini 3 menit awal perkenalan diri yang dapat membuat pewawancara bisa terkesan:

1. Sebutkan nama serta jurusan kuliah/sekolah yang kamu tempuh dengan suara yang jelas.

2. Sampaikan spesifikasi ringkas atau hal yang dipelajari semasa kuliah/sekolah.

3. Sebagai penutup dalam perkenalan diri, selipkan pengalaman kerja/organisasi terakhir yang kamu ikuti.

Tentu, semua itu harus kamu lakukan dengan baik saat menyampaikan 3 hal di atas. Suara harus jelas terdengar dan kamu juga harus percaya diri. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang rapi.

Tak hanya itu saja, saat mengikuti wawancara kerja kamu juga harus memerhatikan 4 hal ini. Yakni kamu tidak boleh berbohong mengenai:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X