Kompas.com - 12/12/2020, 14:49 WIB
Ilustrasi fotografer Thinkstockphotos.comIlustrasi fotografer
|

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa tugas utamanya yakni kuliah. Namun lebih dari itu, mahasiswa juga harus mengembangkan potensi diri termasuk keterampilannya.

Potensi diri bisa dengan mengeksplorasi berbagai hal, termasuk berbisnis. Namun, para mahasiswa tidak bisa asal-asalan dalam berbisnis atau menentukan bisnis.

Sebagai mahasiswa tentu mempunyai beragam peluang menjanjikan yang dapat digali dan dioptimalkan. Fleksibilitas waktu, koneksi, hingga daya kreatif yang tersedia juga dapat kamu manfaatkan sebagai modal untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu.

Salah satunya adalah merintis bisnis atau usaha sampingan. Lantas, apa saja ide bisnis untuk mahasiswa yang layak untuk dicoba?

Baca juga: Simak 5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/12/2020), Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau akan membagikan 6 tips ide bisnis bagi mahasiswa yang dapat dijadikan inspirasi:

1. Fotografer dan Videografer

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu punya hobi di bidang fotografi dengan perlengkapan yang cukup memadai, maka kamu coba ubah hobimu menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Kamu dapat menyediakan layanan jasa berupa foto dan video bagi orang-orang yang membutuhkan. Mulailah dengan melakukan promosi kepada orang-orang terdekat dan buat portofolio yang menarik di media sosial.

2. Content Creator

Di era serba digital ini dapat dipastikan kamu telah menguasai, bahkan aktif pada berbagai platform media sosial. Daripada hanya scrolling tanpa tujuan maka kamu dapat menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.