"Mata Garuda" LPDP Harus Berdampak Baik bagi Masyarakat

Kompas.com - 22/12/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi masyarakat FREEPIK/peoplecreationsIlustrasi masyarakat
|

KOMPAS.com - Tidak hanya mendapatkan ilmu saja, namun para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) juga harus dapat memberikan sumbangsih pada masyarakat.

Seperti halnya Mata Garuda LPDP yang telah menjadi wadah alumni penerima beasiswa LPDP sejak 2015 terus bersinergi dan menebar manfaat melalui berbagai program yang dijalankan.

Untuk merumuskan program kerja terbaik, Pengurus Mata Garuda Pusat menggelar Rapat Kerja Nasional dengan tema "Wujudkan Ruang Kolektif untuk Mencapai Tujuan Bersama" dengan melibatkan seluruh pengurus Mata Garuda Daerah yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Melansir akun Instagram LPDP, Selasa (22/12/2020), acara digelar secara daring melalui zoom dan akun Youtube resmi Mata Garuda Pusat (MG Talks) selama dua hari 12-13 Desember 2020.

Baca juga: Tanpa BBM, Kapal Nelayan Inovasi Mahasiswa ITS Ramah Lingkungan

Acara menghadirkan Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto, Direktur Utama LPDP Rionald Silaban, dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso.

Ketiganya sepakat menyatakan bahwa karya alumni adalah wujud nyata keberhasilan usaha pembangunan sumber daya manusia khususnya melalui pendanaan beasiswa yang LPDP lakukan selama ini.

Para rakernas hari pertama diisi dengan sidang komisi yang terbagi dalam enam bagian bidang. Ada pula Gelar Inspirasi yang diisi oleh Andhyta F. Utami, Co-Founder Think Policy Society yang juga alumni beasiswa LPDP.

"Kematangan organisasi juga ditentukan rasa kepemilikan para anggota. Tentu yang berani mengawal dan membantu gerak pemimpin melalui kritik maupun pendapat," kata Andhyta.

Sedangkan hari kedua rakernas diisi dengan diskusi inspiratif. Giri Suprapdiono selaku Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat – KPK turut hadir memberikan materi.

Materinya terkait langkah konkret pemuda sebagai antikorupsi nasional, sebagai wadah generasi muda unggul. "Besar harapan bangsa ini pada cita-cita pemimpin masa depan yang berintegritas," terang Giri Suprapdiono.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X