5 Universitas Ini Jadi Kampus Terhijau di Indonesia, Seperti Apa?

Kompas.com - 11/01/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Pada akhir tahun 2020, UI GreenMetric telah menganugerahi kampus- kampus terhijau di Indonesia.

UI GreenMetric merupakan salah satu program dari Universitas Indonesia yang menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

UI GreenMetric dikenal secara internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Pada tahun 2020, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), berikut lima kampus terhijau teratas di Indonesia versi UI GreenMetric 2020:

1. Universitas Indonesia

Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.Dok. UI Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.

Universitas Indonesia menjadi salah satu kampus hijau di Indonesia. UI memfasilitasi moda transportasi umum sebagai upaya mengurangi pemakaian volume kendaraan pribadi di area kampus.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 6 Juta Per Bulan

Selain itu, UI juga membuat kebijakan di area kantin dengan memfasilitasi peralatan makan yang dapat dipakai kembali guna mengurangi penggunaan plastik. Termasuk membuat kebijakan dalam hal pemisahan sampah organik dan non-organik.

Bahkan, UI membuat program pengelolaan sampah organik yang didaur ulang menjadi pupuk kompos.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X