Kompas.com - 26/01/2021, 16:33 WIB
Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo saat ditemui dalam acara Sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021. Webinar LTMPTKetua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo saat ditemui dalam acara Sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021.
|

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kembali mengingatkan kepada para calon mahasiswa. Yakni bagi yang ingin masuk PTN maka harus dipersiapkan dengan baik.

Terlebih yang ingin ikut jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, maka harus mantab pada jalur tersebut.

Pasalnya, menurut Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof. Budi P. Widyobroto, setiap peserta harus mempertimbangkan baik-baik program studi yang akan dipilih.

Peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, tidak diperbolehkan untuk mengikuti UTBK, tes yang menjadi persyaratan SBMPTN dan juga Seleksi Mandiri di sejumlah perguruan tinggi.

Baca juga: Yuk Intip 10 Prodi Saintek Paling Ketat di SBMPTN 2020

Harus hati-hati pilih prodi

Hal ini dia sampaikan pada acara UGM Update edisi Bincang SNMPTN dan SBMPTN yang tayang secara langsung melalui kanal media sosial UGM, Selasa (26/1/2021).

"Kalau sudah diterima di SNMPTN tidak dapat mendaftar UTBK-SBMPTN, berarti tidak memiliki nilai UTBK," ujar Prof. Budi seperti dikutip dari laman UGM.

"Padahal, beberapa perguruan tinggi mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria," imbuhnya.

Dikatakan, pada tahun ini sejumlah perguruan tinggi kelembagaan juga akan menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria seleksi masuk ke perguruan tinggi tersebut.

"Jadi, hati-hati kalau memilih program studi. Kalau menyenangi satu prodi, cukup memilih satu saja untuk SNMPTN, kecuali kalau pilihan satu dan dua sama senangnya," terangnya.

Baca juga: H-6 Registrasi Akun LTMPT, 858.424 Siswa Simpan Permanen

Jadwal SNMPTN 2021

1. Registrasi akun LTMPT: 4 Januari - 1 Februari 2021

2. Penetapan siswa eligible oleh sekolah: 4-8 Februari 2021

3. Pengisian PDSS: 11 Januari - 8 Februari 2021

4. Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari 2021

5. Pengumuman hasil SNMPTN 2021: 22 Maret 2021



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X