Kompas.com - 28/01/2021, 16:00 WIB
UGM gelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional secara daring. Peserta mengikuti upacara bendera dari kediaman mereka masing-masing. (foto dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAUGM gelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional secara daring. Peserta mengikuti upacara bendera dari kediaman mereka masing-masing. (foto dokumentasi Humas UGM)

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih peringkat tertinggi dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Januari 2021. Atau UGM jadi kampus terbaik Indonesia.

Posisi UGM, menggeser Universitas Indonesia yang sempat bertengger di nomor satu di tahun 2020. Sementara, 2020 lalu UGM di posisi keenam.

Naiknya UGM di peringkat Indonesia juga menambah peringkatnya di level dunia.  Tahun lalu, UGM menempati peringkat 1.484. Kini, di peringkat dunia, UGM menempati peringkat 810.

"Alhamdulillah pada pemeringkatan Webometrics yang dirilis baru-baru ini UGM menempati peringkat 1 di Indonesia dan peringkat 810 dunia. Posisi ini merupakan hasil dari perbaikan di segala bidang yang dilakukan secara berkesinambungan oleh UGM," tutur Rektor UGM, Panut Mulyono, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: 10 Kampus Terhijau di Indonesia, UGM Peringkat Berapa?

Menyusul setelah UGM dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor di peringkat 1.088 dunia.

Lalu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember di peringkat 1.089. Selanjutnya Universitas Indonesia menempati posisi 1.315 dan Universitas Airlangga di posisi 1.322.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semoga UGM menjadi universitas rujukan dan dapat lebih berkontribusi bagi bangsa Indonesia dan masyarakat dunia," imbuh Panut.

Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab.

Baca juga: UGM Rekrut 9.000 Calon Mahasiswa Lewat 3 Seleksi

Sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Dilakukan sejak tahun 2004, pemeringkatan ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.