Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

A Man & His Cat: Ceritakan Kehangatan Kucing dan Majikannya

Kompas.com - 02/02/2021, 20:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi


Oleh: Fitri Annisa | Editor Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Ada seekor kucing dewasa yang sudah beberapa lama berada di sebuah pet shop, tak kunjung laku terjual. Saking lamanya berada di pet shop, si kucing merasa putus asa karena tak seorang pun ingin memeliharanya.

Hingga suatu hari, seorang pria muncul di hadapannya sambil berucap, “Saya menginginkan kucing itu”.

Hati kucing pun makin tenang karena si pria mengatakan jika sejak pertama kali bertemu, memutuskan untuk memeliharanya, dan sudah menjadi bagian dari keluarganya.

Peristiwa ini menjadi awal mula pertemuan seorang pria kesepian dan kucing dewasa yang ingin dicintai.

Si kucing sering dianggap tidak lucu oleh para pengunjung pet shop. Namun di mata pria yang bernama Fuyuki Kanda, kucing itu adalah kucing termanis yang pernah dia temui.

Baca juga: Komik “Hanako Sepulang Sekolah: Main Bareng Makhluk Supernatural Imut

Sejak kematian istrinya, Kanda hidup sendiri dan seumur hidupnya belum pernah memelihara kucing. Kanda pun membawa si kucing dan kemudian mereka menjalani hari-hari yang damai bersama.

Si kucing yang sepanjang waktu hidup di pet shop kini merasakan dipelihara dengan penuh kasih sayang oleh seseorang. Bahkan ia pun diberi nama “Fukumaru” yang berarti keberuntungan. Karena bagi Kanda, Fukumaru selalu membawa kebahagiaan.

Kehangatan antara kanda dan fukumaru

Dalam komik berjudul A Man & His Cat menceritakan di bab-bab awal menceritakan sifat Fukumaru dan bagaimana dia beradaptasi tinggal di rumah yang luas.
Awalnya Fukumaru merasa khawatir karena telah terbiasa hidup dalam kotak kecil di pet shop. Tapi lambat laun, Fukumaru terbiasa dan bahagia dengan tempat tinggal barunya.

Di sisi lain, dalam komik A Man & His Cat juga menceritakan sisi kehidupan Fuyuki Kanda dan profesinya sebagai guru musik. Hubungan dengan rekan-rekan kerjanya, teman masa kecilnya, sampai masa lalunya.

Baca juga: Komik “Jujutsu Kaisen”, Baru Terbit Langsung Cetak Ulang

Tuai respon positif dari penggemar manga

Kisah ini juga mengajarkan bagaimana kita bisa menemukan kebahagiaan di mana saja. Keseharian Kanda yang sepi kembali berwarna sejak hadirnya Fukumaru dalam kehidupannya.

Sudut pandang si kucing yang diangkat dalam komik ini juga semakin membuat ceritanya makin menarik dan menggemaskan.

A Man & His Cat karya Umi Sakurai ini menerima banyak respons positif dari penggemar manga di Jepang. Dari segi gambar, komik ini memiliki art yang modern dan enak dipandang.

Komik ini juga berhasil meraih peringkat ke-2 dalam "Tsugi Manga Awards" di kategori webmanga. Tahun ini A Man & His Cat juga diadaptasi ke dalam live-action dengan judul yang sama.

Selain itu volume pertamanya dalam format buku tankobon (buku satuan) menjadi salah satu manga terbaik dalam ranking penjualan Oricon.

Baca juga: Komik City Hunter, Complete Edition, Kisah Anti-Hero yang Seru Dibaca

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com