Kompas.com - 05/02/2021, 11:59 WIB
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Jetis, DI Yogyakarta, Senin (16/3/2020). Pelaksanaan UNBK di Yogyakarta tetap diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19 dengan protokol pencegahan sebagai antisipasi penularan COVID-19. ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAHSiswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Jetis, DI Yogyakarta, Senin (16/3/2020). Pelaksanaan UNBK di Yogyakarta tetap diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19 dengan protokol pencegahan sebagai antisipasi penularan COVID-19.
|

KOMPAS.com - Dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan Nadiem Makarim nomor 1 tahun 2021, ada 3 poin yang dijadikan syarat kelulusan siswa.

Yakni siswa harus menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Pada poin kedua, siswa memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik.

Poin ketiga, siswa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan atau sekolah. Pada poin terakhir ini, ada beberapa hal yang perlu dicermati.

4 hal ujian oleh sekolah

1. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya. Baik itu penghargaan, hasil perlombaan dan lain sebagainya.

2. Penugasan.

3. Tes secara luring atau daring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: SE Mendikbud, PPDB 2021 Tetap Gunakan 4 Jalur Ini

4. Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Disambut baik sekolah

Poin dalam SE Mendikbud ini disambut baik oleh sejumlah kepala sekolah. Seperti Kepala SMPN 2 Pakem Sleman Triworo Setyaningsih menyambut gembira SE Menteri Pendidikan ini.

Menurutnya, dengan adanya kondisi pandemi Covid-19 dan siswa harus melaksanakan belajar di rumah, terlalu dipaksakan jika tetap melaksanakan Ujian Nasional secara serentak. Apalagi situasi di tiap sekolah pasti memiliki perbedaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.