Kompas.com - 06/02/2021, 15:57 WIB
Zenius berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan untuk meningkatkan kualitas baik guru maupun murid. Dokumen ZeniusZenius berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan untuk meningkatkan kualitas baik guru maupun murid.
|

 

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Disdik Sulsel) dan platform pendidikan berbasis teknologi Zenius resmi menyelesaikan 'Lokakarya Zenius untuk Guru' yang telah berjalan sejak Januari 2021.

Sebanyak 5.000 guru SMA dan SMK di Sulawesi Selatan berpartisipasi pada rangkaian kegiatan yang membahas implementasi platform teknologi serta praktik terbaik pendidikan.

Seperti flipped learning, blended learning, dan scaffolding technique dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran di Sulawesi Selatan.

Rangkaian lokakarya tersebut dibagi sesuai dengan rumpun ilmu soshum, MIPA, vokasi, bahasa dan umum. Agar pembelajaran dan interaksi antara Zenius Education dengan para guru dapat lebih berkualitas, mendalam, dan terarah.

Baca juga: Cegah Pemalsuan, Peruri Terbitkan Ijazah dan Transkrip Nilai Digital

"Semoga lokakarya yang padat ilmu ini dapat menjadi bekal mengajar dan meningkatkan motivasi guru, terutama selama penerapan pembelajaran jarak jauh," terang Sekretaris Disdik Sulsel H. Hery Sumiharto dalam siaran pers kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Hery mengatakan, pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan Zenius pada kegiatan ini. Tidak hanya menjadi bekal pembelajaran jarak jauh selama pandemi, tapi dalam jangka panjang. "Kami berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan agar kualitas pembelajaran terus meningkat, begitu pula hasil belajar siswa," urai Hery.

Rangkaian lokakarya ini merupakan kelanjutan dari perjanjian kerja sama antara Disdik Sulsel dan Zenius yang dilakukan 30 November 2020 lalu. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu guru mengatasi tantangan yang mereka hadapi selama ini.

Seperti sulitnya mencari tambahan materi pelajaran, mengelola penugasan dan mengoreksi pekerjaan siswa sekolah. Hingga merampungkan urusan administrasi. Kerja sama ini juga berfokus pada pengembangan kapasitas guru dan adaptasi pembelajaran berbasis teknologi. Termasuk di dalamnya penggunaan platform Zenius untuk Guru (ZenRu).

Baca juga: Tips Menghadapi UTBK-SBMPTN 2020 dari Zenius Education

Terapkan teknologi dalam pembelajaran

"Penerapan teknologi dapat meringankan beban kerja sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mengoptimalkan interaksinya dengan siswa. Melalui lokakarya ini, kami berharap guru-guru dapat lebih akrab dengan teknologi pendidikan masa kini serta praktik terbaik dalam memanfaatkannya untuk mendorong kemajuan siswa," kata Kepala UPT Pelayanan TIK Pendidikan Disdik Provinsi Sulsel Andi Hidayati.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Zenius memiliki misi agar guru dan siswa sama-sama memiliki akses yang mudah ke materi pendidikan yang berkualitas. Demokratisasi pendidikan adalah hal yang penting agar generasi muda Indonesia dapat memiliki masa depan yang cerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X