Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar UAJY: 3 Aspek Penting agar Lolos Wawancara Kerja

Kompas.com - 12/02/2021, 21:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja mungkin menjadi hal yang membuat grogi. Belum lagi ketika mencari pekerjaan, harus melalui beberapa rangkaian tes. Termasuk syarat berupa psikotes dari perusahaan yang dituju.

Terlebih fresh graduate yang belum punya pengalaman melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Selain mental baja, ternyata proses melamar kerja yang paling awal, yakni membuat Curriculum Vitae (CV) juga harus dipersiapkan dengan baik agar bisa memikat perusahaan yang dilamar.

Untuk membantu mahasiswa tingkat akhir mempersiapkan diri dalam mencari pekerjaan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerjasama dengan Nawa Data Solutions menggelar webinar dan campus hiring online yang bertajuk "Strategi Sukses Lolos Interview dan Psikotes".

Webinar dilaksanakan khusus bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni dengan menghadirkan narasumber Reynold Vincentius yang berkarir sebagai Human Capital Specialist di PT. Nawa Data Solutions dan Softskill Trainer BNSP Certified.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 9 Perlengkapan Perlu Dibawa saat Wawancara Kerja

Membuat CV yang benar

Dalam webinar tersebut, Reynold Vincentius menjelaskan kiat-kiat strategis dalam menghadapi permasalahan sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Dimulai dengan strategi pembuatan CV yang baik dan benar.

Menurut Reynold, saat ini banyak fresh graduate yang sering melupakan kaidah penting dalam pembuatan CV seperti desain layout, foto, dan deskripsi pengalaman kerja.

"Tiap perusahaan membutuhkan kebutuhannya sendiri, maka dari itu kita perlu membuat CV yang link and match dengan masing-masing perusahaan tersebut," ungkap Reynold dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Jumat (12/2/2021).

Hal yang tak kalah pentingnya yakni sikap pelamar saat menghadapi proses interview.

3 aspek penting saat wawancara

Aspek-aspek penting yang perlu diingat saat menjalani wawancara antara lain:

  • Cara duduk
  • Tatapan mata
  • Cara menjawab

Faktor-faktor ini jika dibaikan calon pelamar, bisa menyebabkan gagalnya pelamar dalam sebuah proses recruitment kerja sebuah perusahaan.

Webinar ini bertujuan untuk mempersiapkan baik mahasiswa maupun alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan. Dimulai dari pembuatan CV yang baik dan benar hingga lolos interview dan psikotes.

Baca juga: Ini Tips Lancar Hadapi Wawancara Kerja dari Akademisi Unair

Dalam kesempatan tersebut, Reynold juga berpesan kepada fresh graduate untuk jangan menyerah dalam menghadapi sulitnya persaingan kerja.

"Selalu berpikir positif dan bersyukur dengan proses yang telah dilalui, memegang motivasi penuh terhadap mimpi dan cita-cita dan terus optimis menjadi kunci utama," tutup Reynold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com