Kompas.com - 01/03/2021, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan universitas dunia 4ICU UniRank tahun ini kembali membuat pemeringkatan kampus di seluruh dunia.

Dalam pemeringkatannya, setidaknya ada 577 universitas di Indonesia yang masuk dalam penilaian.

4ICU sendiri, merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki.

Baca juga: UGM Raih Peringkat 1 Versi Webometrics

Penilaian yang dilakukan oleh 4ICU menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaiannya. Ada 3 kriteria utama sebuah perguruan tinggi (PT) dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU. Diantaranya, sebagai berikut:

1. Terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sementara, PT yang belum terakreditasi tak masuk dalam kriteria penilaian 4ICU.

2. Kampus yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 atau sarjana dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Dengan demikian, lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sebagainya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

3. Kampus dinilai berdasarkan dari sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka. Atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, dimana format pendidikan ini merujuk pada pertemuan dosen dan mahasiswanya (tatap muka).

Kampus terbaik Jawa Timur

Dari 557 kampus ini, 20 diantaranya adalah kampus terbaik Jawa Timur. Berikut daftarnya:

1. Universitas Airlangga

2. Universitas Brawijaya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.