Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2021, 09:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Linda Irawati | Editor: Grasindo

KOMPAS.com - Ibu Kota selalu punya segudang cerita dan juga karakter penduduk yang beragam. Di setiap sudut Kota Jakarta, ada saja percakapan menarik tentang kehidupan nyata warga Ibu Kota yang terdengar.

Entah di lingkungan perkantoran, kendaraan umum, atau di lingkungan pertemanan. Cerita-cerita seru ini, selalu menjadi perbincangan hangat dan kadang bisa menjadi pelajaran bagi semua yang mendengar.

Padahal, Ibu Kota selalu sibuk dengan berbagai kegiatan warganya yang tak kenal waktu. Namun ada saja sepenggal kisah unik, lucu, sedih, atau sebuah motivasi yang sering dicurhatkan.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA, D3-S1

Mengutip dari buku Overheard Jakarta: Ibu Kota Punya Cerita karya @overheardjkt yang berkolaborasi dengan ilustrator @kurniawanindra360, berikut hal menarik seputar Jakarta yang sering diperbincangkan.

Drama perkantoran

Setiap kantor pasti punya dramanya masing-masing. Mulai dari bos yang galak, teman yang sering bergosip, deadline pekerjaan tak kunjung selesai.

Bahkan teman yang suka pamer dan banyak lagi. Maka, tak heran kalau kamu pernah dengar, “gue digaji kantor 10 persen buat kerja, 90 persen untuk ngadepin drama”. Kamu pernah merasakan hal yang sama? Jangan kaget.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Cinta datang terlambat

Katanya, jatuh cinta berjuta rasanya, selain manis ada juga rasa pahit yang terasa. Misalnya sudah lama bersama namun cuma dianggap teman saja. Sudah merasa nyaman, tapi tak kunjung diajak jadian.

Ada yang kelamaan menjomblo namun ada juga yang belum pernah pacaran dan baru merasakan putus cuma sama tali pusar.

Memang, urusan jodoh itu susah banget didapatnya. Bisa dibilang, lama sekali datangnya. Mungkin karena Jakarta macet, makanya cinta datangnya terlambat.

Hidup sehat

Gaya hidup sehat juga mulai digandrungi oleh warga Ibu Kota. Berbagai program diet dan olahraga sudah dilakukan. Ada juga yang mendaftar ke tempat gym, namun cuma datang beberapa kali saja.

Baca juga: 6 Minggu Menuju UTBK-SBMPTN 2021, Yuk Ikut Try-Out Gratis Ini

Tak jarang juga yang cuma ikut-ikutan bergaya hidup sehat demi konten media sosial. Rencana selalu menjadi wacana kalau niat diet selalu tergoda sama teman yang mentraktir makan atau diskon menarik dari restoran favorit.

Macetnya Jakarta

Jakarta memang identik dengan macet. Di masa pandemi pun, kemacetan Jakarta masih terjadi di banyak ruas jalan.

Berbicara soal Jakarta dan segala kemacetannya, pasti kejadian seperti ini sering kamu alami.

Misalnya kamu lebih sering kepikiran hari ini genap atau ganjil daripada hari ini mau masak apa. Banyak yang telat datang ke kantor karena macet, kendaraan-kendaraan roda dua yang sering naik trotoar, atau cerita kemacetan lainnya.

Yuk, temukan cerita lain tentang Jakarta hasil curi dengar warganya dalam dan diterbitkan oleh Grasindo. Penasaran? Cek di sini: https://www.gramedia.com/products/overheard-jakarta

Cek ini juga, ya: http://bit.ly/voucher_artikel

Ada voucher menarik untuk kamu juga.
Kal1au kamu punya cerita apa tentang Jakarta?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com