Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Tepat

Kompas.com - 08/03/2021, 12:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, banyak orangtua yang bekerja dari rumah. Karena lebih banyak waktu di rumah, maka pastinya akan selalu bertemu dengan anaknya.

Apalagi yang memiliki anak usia dini, selain bekerja, orangtua juga tetap memberikan pendampingan pada anaknya. Hanya saja harus bisa membagi waktu.

Tetapi, bagaimana mendidik anak usia dini dengan tepat? Anak usia dini selain terlihat aktif, ia juga senang melakukan eksplorasi.

Bahkan sesekali ia sulit diatur sehingga membuat kita tidak sabar dan marah. Namun orang tua hendaknya mampu menahan diri agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Baca juga: Bingung Tangani Permasalahan Anak Usia Dini? Begini Peran Orangtua

Orang tua harus menyadari bahwa cara mendidik anak usia dini sangat berbeda dengan usia remaja dan dewasa.

Hal ini disebabkan oleh perkembangan otak mereka belum sempurna, maka tidak heran jika kadang ia belum mampu memahami apa yang kita inginkan. Untuk itu orang tua perlu memahami bagaimana tips mendidik anak usia dini yang tepat.

Merangkum akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (5/3/2021), ini 7 tips mendidik anak:

1. Beri kasih sayang yang cukup

Memberikan kasih sayang yang cukup adalah hal utama yang harus diberikan kepada anak. Tidak berlebihan namun juga tidak menjadi sosok yang otoriter.

Orang tua dapat mengekspresikan rasa sayang secara langsung, dengan tersenyum atau mengucapkan kata "orang tua Sayang Kamu" sesaat sebelum atau setelah bangun tidur.

2. Mengajak bermain bersama

Pembelajaran pada anak usia dini dilakukan melalui bermain. Misal mengenalkan huruf atau angka melalui permainan dengan menunjukkan gambar yang menarik.

Atau untuk mengasah kreativitas anak dan meningkatkan kosa kata hingga sifat baik dan buruk dengan cara membacakan dongeng pada anak.

3. Memberikan pujian

Ketika anak melakukan sesuatu yang positif, orang tua hendaknya memberikan pujian. Memberikan pujian dapat membangun rasa percaya dini, bahwa ia memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu hal dengan baik.

4. Bersikap terbuka pada anak

Anak-anak senang bercerita tentang apa yang telah dia lakukan, oleh karena itu orang tua harus merespon hal tersebut dengan positif.

Ajak mereka untuk sering berkomunikasi, misal menanyakan tentang kegiatan dalam sehari atau selama di sekolah, atau menanyakan tentang perasaannya.

5. Berikan contoh yang baik

Peran orang tua dalam mendidik adalah menjadi panutan atau contoh yang baik. Dengan begitu anak akan menetapkan standar perilaku bagi dirinya sendiri dengan mengamati orangtuanya.

Oleh karena itu, orang tua harus selalu memperlihatkan perilaku yang baik di depan anak. Misalnya dalam hal sopan santun, kebersihan diri, giat beribadah, rajin bekerja.

Baca juga: 4 Prinsip Gizi Seimbang bagi Anak Usia Dini

6. Hindari menanamkan hal negatif

Salah satu hal negatif yang tidak boleh dilakukan adalah menakutinya. Bila anak sulit diarahkan, hindari membuatnya menurut tetapi dengan menakut-nakutinya.

7. Gunakan kalimat positif

Jika ingin menegaskan kewajiban dan tanggung jawab saat di rumah, hindari pemakaian kata "jangan" ketika melarangnya, sebaiknya gunakan kalimat positif seperti kalimat anjuran dan bukan kalimat suruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com