Kompas.com - 26/03/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi telur asin ShutterstockIlustrasi telur asin
|

KOMPAS.com - Masakan khas Jawa Timur yakni rawon pasti lazim jika dimakan dengan tambahan lauk telur asin. Ini karena karakter asin dari telur bisa menyatu dengan kuah hitam rawon.

Tetapi, telur asin juga bisa dijadikan lauk dengan sayur lain. Maka tak heran jika telur asin sudah lazim di masyarakat Indonesia.

Hingga kini, telur asin banyak dibuat dari telur bebek atau itik. Kenapa pakai telur bebek? Dosen Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY, Dr. Das Salirawati, M.Si., memberikan penjelasan.

Menurutnya, semua jenis telur dapat dijadikan telur asin. Namun yang paling cocok diolah jadi telur asin ialah dengan telur bebek.

Baca juga: Kenapa Telur Asin Hanya dari Telur Bebek? Ini Penjelasan Akademisi UNY

Secara keilmuan cangkang telur tersusun sebagian besar oleh kalsium karbonat atau CaCO3. Ketika dituangi cuka, maka CaCO3 akan bereaksi dengan cuka (CH3COOH) membentuk (CH3COO)2Ca, H2O dan gas CO2.

"Telur bebek cangkangnya sangat tebal. Jika diolah tentu butuh waktu lama. Sebab kemungkinan pecahnya telur sangat kecil," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Jumat (26/3/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang suka dengan telur asin, dosen UNY ini berbagi tips atau cara membuat telur asin rasa bawang.

Bahan-bahan

Adapun bahan yang diperlukan adalah:

  • 200 gram bawang putih yang telah dikupas bersih
  • 200 gram abu gosok halus
  • 400 gram serbuk batu bata merah
  • 100 gram garam dapur
  • tawas
  • air bersih secukupnya

Cara membuat telur asin

1. Telur dicuci dengan hati-hati lalu biarkan kering.

2. Bawang putih dikupas, ditimbang lalu diblender dan direbus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X