Kompas.com - 27/03/2021, 17:26 WIB
Aktivitas pembelajaran siswa SMK.

DOK. Direktorat SMK KemendikbudAktivitas pembelajaran siswa SMK.
|

KOMPAS.com - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditempa untuk siap berwirausaha setelah lulus. Tapi banyak juga siswa SMK yang melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Lulusan SMK yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi bisa memilih jurusan yang linier dengan keahlian sebelumnya.

Dengan bekal ilmu semasa mengenyam pendidikan di SMK, ada beberapa jurusan yang cocok kalian pilih dan bisa dipertimbangkan jika kalian ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kali ini Kompas.com akan merangkum 10 jurusan yang cocok dipilih lulusan SMK dan daya tampung jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di beberapa kampus. Merangkum dari ruangguru.com, ini 10 jurusan yang cocok bagi lulusan SMK.

1. Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK program keahlian Teknik Bangunan adalah jurusan Arsitektur. Bidang ilmu yang dipelajari di SMK seperti teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Baca juga: 10 Jurusan Terfavorit Undiksha di SNMPTN dan Daya Tampung SBMPTN 2021

Daya tampung SBMPTN di Universitas Diponegoro untuk jurusan ini sebesar 60 kursi dan peminat tahun 2020 sebanyak 1.210 orang.

2. Jurusan Teknik Mesin

Siswa SMK dari program keahlian Teknik Mesin setelah lulus bisa menjadikan Jurusan Teknik Mesin sebagai jurusan pilihan kalian. Saat di SMK, kalian sudah akrab dengan bidang permesinan tentu akan lebih mudah mempelajari mata kuliah di jurusan ini.

Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, kalian juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Daya tampung jurusan Teknik Mesin di Universitas Brawijaya jalur SBMPTN sebanyak 80 orang dan peminat 2020 sebesar 1.015 orang.

3. Jurusan Teknik Informatika

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X