Kompas.com - 27/03/2021, 17:37 WIB
Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat aplikasi Maduhukum untuk meningkatkan literasi hukum di kalangan masyarakat.  Tangkap layar laman umm.ac.idDosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat aplikasi Maduhukum untuk meningkatkan literasi hukum di kalangan masyarakat.
|

KOMPAS.com - Semakin maju perkembangan zaman, pemerintah meluncurkan regulasi untuk mengatur masyarakat.

Misalnya semenjak perkembangan teknologi internet makin maju, pemerintah pun menerbitkan Undang-Undang ITE.

Namun demikian, belum semua kalangan masyarakat paham terkait aturan atau hukum yang berlaku di negara ini.

Bahkan masih ada masyarakat yang tersandung kasus hukum karena kurangnya literasi mengenai hukum.

Baca juga: Apa itu Bencana Hidrometeorologi dan Jenisnya? Ini Kata Dosen Itera

Ciptakan aplikasi Maduhukum

Berawal dari permasalahan ini, tim dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan aplikasi bernama Maduhukum, akronim dari Masyarakat Peduli Hukum.

Tim dosen terdiri dari yaitu Nur Putri Hidayah, Galih W. Wicaksono serta satu programmer profesional yaitu Muhammad Andi Al-rizki.

Putri mengatakan, aplikasi ini diciptakan sebagai sarana memperluas literasi masyarakat mengenai hukum. Melalui fitur-fitur yang tersedia, aplikasi ini dapat memberikan pengetahuan secara cepat dan akurat. Aplikasi ini juga sebagai sarana advokasi berbasis digital.

"Data dalam aplikasi ini telah terjamin akurat karena berasal dari undang-undang, artikel ilmiah, serta putusan-putusan hakim. Selain itu aplikasi ini juga menghubungkan masyarakat kepada para pakar hukum sehingga masyarakat dapat berkonsultasi terkait permasalahan yang dialami," kata dosen Fakultas Hukum (FH) seperti dikutip dari laman umm.ac.id, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: 23 Berita Hoax Seputar Covid-19 dan Penjelasan Pakar Pulmonologi UGM

Penggunaan aplikasi

Putri menerangkan, penggunaan aplikasi Maduhukum bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

1. Masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X