Kompas.com - 29/03/2021, 20:13 WIB
Ilustrasi nanas kupas yang siap dipotong. SHUTTERSTOCK/DOURLEAKIlustrasi nanas kupas yang siap dipotong.

KOMPAS.com - Kalau ingin sehat dan imun tetap terjaga selama masa pandemi Covid-19, tubuh harus diberi asupan nutrisi yang baik.

Nutrisi yang baik, tentu bukan hanya nutrisi yang mengandung gizi sempurna. Namun, bisa juga harus mampu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Melansir dari laman youtube Institut Pertanian Bogor (IPB) TV, ada sejumlah makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Institus Pertanian Bogor (IPB) University Prof. Ahmad Sulaeman, mengatakan tubuh yang prima dibentuk jika kita bisa menghindari asupan makanan yang mengandung patogen atau racun kimia.

Apalagi makanan sejenis ini, mudah ditemukan dimana saja dengan harga yang terjangkau. Agar tubuh tetap sehat, Ahmad merekomendasikan empat sumber gizi penambah imun tubuh. Berikut ulasannya:

Madu dan propolis

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahmad mengatakan, madu dan propolis memang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. "Khasiat madu dan propolis sudah menjadi rahasia umum. Karena mengandung anti bakterial dan anti virus. Hal ini sudah terbukti untuk pencegahan dan pengobatan bagus," kata dia.

Baca juga: Peneliti Unair: Madu dari Lebah Ini Bantu Atasi Osteoporosis

Nanas

Buah segar yang selalu hadir di beragam jenis minuman dan makanan ini, juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh kita.

"Nanas memiliki kandungan bromelain yang bersifat antiiflamasi, sitokin, mengandung serat dan vitamin C yang bisa bermanfaat sebagai antioksidan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X