Kompas.com - 03/04/2021, 11:42 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Seiring kemajuan teknologi, semua aktivitas kini bisa dibantu dengan ponsel pintar. Bahkan hiburan juga banyak ditawarkan dari ponsel pintar yang tersambung dengan internet.

Imbasnya, anak-anak juga mulai terbiasa dengan gawai. Karena semua bisa didapat dari gawai tersebut. Termasuk permainan dan hiburan lainnya.

Berbicara mengenai lagu, dewasa ini memang sangat susah sekali mencari lagu-lagu khusus yang bagus diperdengarkan untuk anak atau lagu anak anak.

Oleh karena itu, para guru, khususnya guru PAUD yang ada di Indonesia ini harus benar-benar menyaring lagu anak anak yang akan dinyanyikan untuk anak-anak.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka, Orangtua Harus Tanamkan Anak Peduli Prokes

Lagu anak anak sesuai umurnya

Melansir laman Ditjen GTK Kemendikbud, dijelaskan bahwa dalam menyanyikan lagu atau memperdengarkan sebuah lagu kepada anak-anak, khususnya di bawah umur tidak boleh sembarangan.

Anak-anak dari kecil hingga remaja harus diperdengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan umurnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dosen yang juga praktisi musik, Elsa Sigar, tidak hanya kepada guru, pesan ini juga ditegaskan untuk para orang tua.

Pemilihan lagu yang baik akan memudahkan anak untuk menyanyikan. Karena setiap lagu memiliki kesulitan yang berbeda, baik itu iramanya dan terpenting adalah pengucapan serta sugesti yang diberikan.

Dijelaskan bahwa anak umur 1-3 tahun ada lagunya sendiri, anak umur 3-5 tahun juga ada lagunya sendiri, anak umur 5-7 tahun ada lagunya sendiri dan anak 7 tahun hingga remaja ada lagunya sendiri.

"Semua harus diikuti, jangan malah lagu orang dewasa dengan gamblang diberikan kepada anak umur 3-5 tahun, ini sudah salah kaprah dalam mendidik anak," kata Ersa.

Baca juga: 7 Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Tepat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X