Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Literasi Dasar yang Perlu Dikuasai Anak agar Sukses di Masa Depan

Kompas.com - 04/04/2021, 20:55 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu pasti sering mendengar atau membaca kata literasi. Ternyata literasi itu tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis saja.

Ada beberapa kemampuan literasi dasar lainnya yang perlu diketahui dan dikuasai masyarakat.

Merangkum akun Instagram @ditjen.dikti, ada enam literasi dasar yang perlu dikuasai, antara lain: literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya dan literasi finansial.

Yuk kita kenali masing-masing literasi dasar yang perlu diketahui masyarakat.

1. Literasi baca dan tulis

Mengutip dari Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), literasi baca dan tulis adalah kemampuan untuk memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat dan menggunakannya untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri.

Baca juga: LTMPT Umumkan Penyesuaian Jadwal Tes UTBK-SBMPTN 2021

Menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan dengan susunan yang baik untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Proses literasi bisa berupa membaca dan menulis bersuara, membaca dan menulis dengan panduan orang dewasa, membaca dan menulis bersama, membaca dan menulis mandiri.

2. Literasi numerasi

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Fresh Graduate, 7 Hal Ini Perlu Dihindari Saat Membuat CV

Literasi numerasi juga kecapakan untuk menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk grafik, tabel, bagan dengan menggunakan interpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Literasi numerasi ini menjadi penting agar kita dapat memahami dunia yang penuh angka dan data. Selain itu agar kita dapat berpikir rasional, sistematis, kritis dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dalam berbagai konteks.

Yang terakhir, literasi numerasi penting dikuasai karena kita menjadi warga negara global yang siap menghadapi tantangan abad 21.

Baca juga: Pakar Unair Bagikan Tips Investasi bagi Pemula

3. Literasi sains

Literasi sains merupakan kecakapan memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Literasi sains merupakan kecakapan untuk mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah agar kita dapat hidup dengan lebih nyaman, sehat dan lebih baik.

Penguasaan literasi sains menjadi penting untuk membantu kita berpikir dengan kritis, menyelesaikan masalah dengan kreatif, bekerjasama dengan orang lain, berkomunikasi dengan baik dan agar siap menghadapi tantangan abad 21.

4. Literasi finansial

Penguasaan terhadap literasi finansial perlu dilakukan. Literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, keterampilan dan motivasi dalam konteks finansial.

Literasi finansial juga perlu dikuasai agar dapat membuat keputusan yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Baik individu maupun sosial dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

5. Literasi digital

Di zaman modernisasi, literasi digital ini penting dikuasai masyarakat. Literasi digital merupakan kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Hukum di Masyarakat, Dosen UMM Ciptakan Aplikasi Ini

Literasi digital ini menjadi sangat penting untuk dikuasai karena literasi digital membuat kita mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lebih lancar dan berkolaborasi dengan banyak orang.

6. Literasi budaya

Pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com