Kompas.com - 11/04/2021, 15:57 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem, cuaca buruk, peringatan dini cuaca ShutterstockIlustrasi cuaca ekstrem, cuaca buruk, peringatan dini cuaca
|

KOMPAS.com - Sejak awal 2021, Indonesia terus diguncang bencana alam. Baru-baru ini juga terjadi bencana alam gempa bumi di Malang, Jawa Timur dan bencana alam angin kencang, banjir bandang, dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bahkan korban meninggal dunia yang disebabkan bencana alam juga terkadang tidak sedikit. Selain kesiapsiagaan masyarakat saat terjadi bencana alam, cara menanggapi bencana alam ini salah satunya dengan merawat bumi kita.

Melansir akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, banyaknya bencana alam dan pemanasan global menunjukkan bahwa kita harus lebih peduli terhadap lingkungan.

"Hal ini penting untuk diajarkan kepada anak sedini mungkin. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut!," tulis admin Kemendikbud dalam postingannya, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Semua Bagian Ikan Bisa Dimanfaatkan, Ini Penjelasan Dosen UGM

Seiring berjalannya waktu, bumi yang merupakan tempat kita tinggali semakin lama menunjukkan tanda-tanda telah mengalami kerusakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka sangat penting untuk mengajarkan anak mencintai bumi sedini mungkin untuk menjaga kelestarian bumi. 

Dengan mengajarkan anak mencintai bumi sejak dini, diharapkan di masa depan, makin banyak manusia yang peduli dengan kelestarian bumi ini.

Berikut 4 cara bijak membuat si kecil mencintai bumi sejak dini:

1. Ajari anak hemat energi

Ajalah anak untuk menghemat energi seperti mengurangi penggunaan lampu, gawai, menonton televisi atau menyalakan benda-benda elektronik lainnya.

Baca juga: Pusat UTBK UGM: Ini Persiapan dan Lokasi Layanan Tes GeNose C19

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.