Kompas.com - 14/04/2021, 21:54 WIB
Ilustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu lokasi tempat peluncuran Surat Izin Mengemudi (SIM) online atau SINAR (SIM Nasional Presisi) dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas) Republik Indonesia, Selasa (13/4/2021).

SINAR adalah sebuah aplikasi perpanjangan SIM secara daring yang dapat diunduh melalui “App Store” atau “Play Store” di telepon seluler.

Dengan adanya aplikasi SINAR, pemohon perpanjangan SIM A dan C tidak perlu lagi harus ke kantor Satpas SIM. Namun, untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik. Pemohon juga harus memenuhi persyaratan saat pendaftaran atau registrasi melalui aplikasi Sinar.

Baca juga: Ini Biaya Kuliah di Universitas Indonesia 2021 Program S1 Reguler

Perpanjangan ini hanya bisa dilakukan jika masa berlaku akan habis tiga bulan sebelumnya. SIM yang sudah jadi dapat dikirimkan melalui PT Pos atau layanan ekspedisi lainnya yang dapat dipilih oleh pengguna.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo, dalam peluncuran ini mengatakan bahwa penggunaan teknologi informasi adalah salah satu upaya Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Dalam kaitannya dengan tugasnya sebagai penegak hukum dan pelayan masyarakat, interaksi dengan masyarakat tidak dapat dihindari, dan interaksi ini cenderung menimbulkan penyalahgunaan wewenang. Oleh karena itu, penggunaan teknologi-informasi dimaksudkan untuk mengurangi hal-hal tersebut,” ujarnya dalam sambutan seperti dilansir dari laman Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Andi M. Indra Waspada mengatakan bahwa UI dipilih sebagai salah satu lokasi peluncuran, karena UI adalah sebuah institusi pendidikan yang sudah dikenal banyak orang, sehingga diharapkan penyebaran informasi terkait aplikasi SINAR dapat lebih mudah dilakukan.

“Rencananya, kami juga akan melakukan kerja sama lain dengan UI, seperti bentuk pelayanan perpanjangan SIM kepada para mahasiswa, juga kerja sama akademis lainnya,” ujarnya.

Terkait biaya, untuk pembayaran pembuatan SIM baru maupun perpanjangan dapat dilakukan melalui rekening yang akan diberitahukan pada saat registrasi di aplikasi.

“Untuk biaya perpanjangan sama dengan saat offline. Tidak ada yang berbeda,” kata Andi.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode hybrid (luring dan daring). Peluncuran secara luring dilakukan di taman melingkar Perpustakaan UI, Pesantren Tebu Ireng di Jombang, Jawa Timur, dan Komunitas Ojek di Denpasar, Bali.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Acara virtual peluncuran ini dapat disaksikan di kanal Youtube Korlantas “NTMC POLRI”, dan kanal Youtube UI Teve. Kegiatan simulasi aplikasi dilakukan dengan menghadirkan tiga elemen perwakilan masyarakat, yaitu mahasiswa, pengemudi ojek daring, dan santri pesantren.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X