Kompas.com - 25/04/2021, 17:21 WIB
Komik Fatimah Putri Salihah Bersyukur Kepada Allah merupakan komik edukasi penuh makna religius. DOK. GramediaKomik Fatimah Putri Salihah Bersyukur Kepada Allah merupakan komik edukasi penuh makna religius.


Penulis: Yanne TW

KOMPAS.com - Bagi anak-anak muslim Indonesia, Ramadan tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, karena hingga kini pandemi Covid-19 belum juga usai.

Kondisi seperti ini dapat dimanfaatkan para orangtua untuk memberikan aktivitas bermanfaat untuk sang buah hati. Misalnya saja, memberikan bacaan buku anak bernuansa islami, yang dapat membantu si kecil untuk mengisi waktu luang dengan membaca buku yang sarat pesan moral yang positif.

Komik Fatimah Putri Salihah - Bersyukur Kepada Allah SWT, merupakan komik lokal, karya Yanne TW, Penerbit Funtastic M&C Gramedia, dengan illustrator Mantox Studio.

Baca juga: Ajari Anak Terbiasa Hidup Sehat lewat Tiga Karakter Lucu

Komik ini bercerita tentang seorang anak berusia 5 tahun bernama Fatimah. Ia tinggal bersama kedua orangtuanya dan kakak laki-lakinya yang terkenal dengan sifat jahilnya, Kak Yusuf. Fatimah adalah anak yang imut, lucu tapi lugu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mudah terpengaruh dengan teman-temannya, sehingga ia kerap melakukan perbuatan yang tidak disukai Allah SWT.

Komik lokal ini berisi 10 cerita tentang Fatimah, Kak Yusuf dan teman-temannya ini dikemas dengan cerita-cerita lucu dengan bahasa yang ringan, sehingga anak-anak yang membacanya bisa langsung menangkap pesan di dalam setiap ceritanya.

Misalnya saja, kisah tentang Fatimah yang ingin memberikan sedekah untuk anak-anak yang kurang beruntung. Namun, Fatimah nampak kebingungan saat memilih barang-barang yang akan ia sedekahkan, karena semuanya masih dalam kondisi bagus. Padahal, Allah SWT menyukai umatnya yang suka memberikan barang-barang yang kita sayang untuk disedekahkan.

Ada pula kisah Fatimah yang percaya tentang takhayul jika angka 4 merupakan angka sial. Fatimah yang mendapat nomor urut 4 dalam lomba menghafal surat, nampak sangat khawatir jika dirinya akan kalah dalam lomba nanti.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X