Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunda PAUD Miliki Peran Sosialisasikan Pembelajaran Tatap Muka

Kompas.com - 26/04/2021, 08:40 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muhammad Hasbi mengatakan, keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya.

Menurutnya, peran Bunda PAUD di seluruh Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi.

Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan kepada Bunda PAUD ditingkat provinsi dan Bunda PAUD tingkat kabupaten/kota.

"Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat," kata Hasbi seperti dikutip dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Super Indo Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK

Kembangkan layanan PAUD

Hasbi berharap, keberadaan Bunda PAUD dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

Dalam mendorong layanan PAUD yang berkualitas, lanjut Hasbi, Bunda PAUD diharapkan dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat. Hal ini bertujuan agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal.

"Bunda PAUD diharapkan dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka," imbuhnya.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Epidemiolog UGM Sarankan Hal Ini

Pesan ini disampaikan Hasbi saat acara audiensi Bunda PAUD Kota Palu, Sulawesi Tengah, Diah Puspita Sari Hadianto Rasyid bersama Kelompok Kerja Bunda PAUD Kota Palu di Lantai 7 Gedung E Direktorat PAUD, Rabu (21/4) lalu.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas peran yang dapat dimainkan oleh Bunda PAUD untuk terlibat dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Peran Bunda PAUD

Dalam menjalankan perannya, Bunda PAUD ikut mendorong terbitnya regulasi serta komitmen daerah untuk dapat lebih peduli terhadap program PAUD Berkualitas.

Peranan Bunda PAUD untuk daerahnya juga mencakup beberapa hal, yakni:

1. Melaksanakan program Wajib PAUD Pra Sekolah Dasar.

2. Ikut memperluas akses layanan PAUD Satu Desa Satu PAUD.

Baca juga: Ini Lho 9 Prospek Kerja Prodi Teknik Pangan ITS

3. Menjadikan program PAUD Holistik Integratif atau PAUD HI dapat terlaksana semakin baik yang berkolaborasi dengàn sejumlah pemangku kepentingan lain.

"Keberadaan Bunda PAUD juga dapat mencegah terjadinya stunting (kekerdilan) atau gagal tumbuh kembang anak didaerahnya," tandas Hasbi.

Sedikit informasi, Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah. Baik itu Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa/Lurah.

Baca juga: Langka, 10 Jurusan Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0 hingga 6 tahun) di wilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com