Kompas.com - 28/04/2021, 14:03 WIB
Aplikasi Bitrado buatan mahasiswa ITS Dok. Humas ITSAplikasi Bitrado buatan mahasiswa ITS

KOMPAS.com - Guna mendorong bangkitnya pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mencetuskan gagasannya berupa aplikasi berbasis permainan.

Bucin Travelling Indonesia (Bitrado) merupakan aplikasi berbasis permainan yang menyuguhkan pengalaman berupa sensasi mengelilingi daerah di Indonesia.

Bitrado tak hanya bisa dimainkan oleh satu orang, melainkan juga bisa beberapa orang. “Kami menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk bermain bersama teman,” tutur Raul Ilma Rajasa, ketua tim penggagas Bitrado, seperti dilansir dari laman ITS, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Selain Raul, kedua mahasiswa lainnya dari Departemen Teknik Informatika yang tergabung dalam tim bernama Kesehatanmu Rek adalah Nur Muhammad Ainul Yaqin dan Fian Awamiry Maulana.

Raul berharap aplikasi ini dapat dengan segera dipublikasikan dan berimplikasi secara nyata pada UMKM serta pariwisata daerah yang sedang merosot.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenal makanan daerah hingga belanja pakaian

Nur Muhammad ?Ainul Yaqin, Raul Ilma Rajasa, dan Fian Awamiry Maulana memperlihatkan Bitrado gagasannyaDok. ITS Nur Muhammad ?Ainul Yaqin, Raul Ilma Rajasa, dan Fian Awamiry Maulana memperlihatkan Bitrado gagasannya

Adapun fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut ialah Food Shop, Clothes Shop, Mini Online Game, dan Cultural Quiz Task yang dapat dimainkan dengan dua karakter, yakni Rino dan Rika.

Banyaknya fitur yang ada menjadikan aplikasi ini cukup kompleks untuk dimainkan.

“Bitrado memanglah kompleks, tapi saya jamin akan menyenangkan untuk dimainkan,” ucapnya.

Baca juga: Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Fitur Food Shop adalah salah satu fitur di mana karakter Rino atau Rika bisa menghampiri UMKM daerah di Indonesia untuk memperoleh makanan. Nantinya, karakter bisa menambah energi dengan memakan hidangan dari UMKM yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X