Kompas.com - 01/05/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi orangtua sedang menemani anak belajar dari rumah dengan menerapkan positive education. DOK. PEXELSIlustrasi orangtua sedang menemani anak belajar dari rumah dengan menerapkan positive education.

KOMPAS.com - Selama pandemi, kebanyakan anak-anak mengisi waktu luang mereka dengan bermain gawai.

Bahkan generasi saat ini lebih mahir memainkan teknologi. Tidak hanya remaja, anak-anak usia TK dan SD pun juga mahir menggunakan teknologi.

Tentu saja, hal ini kadang kala membuat orangtua kesulitan. Orangtua seringkali merasa sulit saat melakukan pengasuhan digital terhadap anak karena adanya perbedaan generasi dan adaptasi media digital.

Baca juga: UGM Buka 4 Jalur Prestasi 2021, Simak Syarat dan Jadwalnya

Pada umumnya saat ini orang tua termasuk dalam generasi imigran digital yaitu tumbuh sebelum lahirnya media digital sedangkan anak merupakan generasi digital atau bahkan native digital yaitu generasi yang lahir ketika media digital sudah ada.

Contoh karakteristik dari generasi digital yaitu aktif dalam mengemukakan identitas diri, memiliki wawasan yang luas, menyukai kebebasan, ingin memiliki kontrol, bergantung terhadap teknologi, menikmati lingkungan online, memiliki kemampuan adaptasi teknologi yang baru serta kemampuan multitasking.

“Dengan mengetahui karakteristik masing-masing generasi digital khususnya digital native harapannya tenaga pendidik dan orang tua dapat memahami sehingga dapat menentukan cara yang sesuai untuk mengarahkan anak,” tutur Psikolog CPMH Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Wirdatul Anisa dilansir dari laman ugm.ac.id.

Psikolog CPMH lainnya, Nurul Kusuma, mengatakan pengasuhan digital adalah bagaimana orang tua mendampingi anak.

Sehingga bisa memaksimalkan manfaat dari lingkungan digital dan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan.

Artinya, bukan selalu ada secara fisik disamping anak ketika anak sedang berinteraksi dengan media digital, namun secara keseluruhan dari mulai edukasi awal mengenai media digital hingga evaluasi penggunaan media digital.

Ia menjelaskan tahapan dalam pengasuhan media digital yaitu media instruktif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X